Keputusan Tepat dengan Jurus 'Slowing Down' di Situasi Serba Cepat

Keputusan Tepat dengan Jurus 'Slowing Down' di Situasi Serba Cepat

Dunia yang serba cepat saat ini membuat banyak tuntutan pada otak manusia. Mari kita lihat apa yang dikatakan sains tentang ' jurus melambat' di dunia yang serba cepat.


Otak cenderung bekerja lebih baik ketika memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan memulihkan tenaga.

Berikut ini rangkuman Mark Travers, Ph.D., psikolog dari Cornell University dan University of Colorado Boulder.

Menurut sebuah studi klasik yang diterbitkan dalam Perspectives on Psychological Science, semakin banyak kita menggunakan otak kita, semakin sedikit penurunan kognitif terkait usia yang kita alami. Tapi apa artinya ini sebenarnya? Apakah ini berarti bahwa kita semua harus menjadi pemikir dan mesin pemroses informasi sepanjang waktu? Mungkin tidak.

Manusia diharapkan untuk mengikuti kecepatan kemajuan teknologi yang sangat cepat saat ini. Ini pasti mengarah pada kehidupan serba cepat yang kita semua kenal. Mengingat laju kehidupan modern yang tiada henti, tidak mengherankan jika prevalensi penyakit mental meningkat.

Itulah mengapa memperlambat segalanya dan mengambil langkah mundur untuk menghargai hidup dan perjalanan Anda sangat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Berikut adalah dua cara meluangkan waktu untuk hanya bermalas-malasan dan berjalan-jalan, daripada terburu-buru, akan membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih memuaskan dan menyenangkan.

Memperlambat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Dengan melakukan slow down, kita berpotensi untuk mencegah keletihan dalam mengambil keputusan, yaitu saat kemampuan kita untuk mengambil keputusan menjadi terkuras akibat banyaknya keputusan yang sudah kita buat.

Tekanan dari dunia kita yang serba cepat mungkin menuntut sejumlah keputusan untuk dibuat, tetapi dengan secara sadar memperlambat dan menyediakan waktu untuk, katakanlah, menikmati jalan-jalan sore di taman, kita menawarkan diri kita kesempatan untuk menyegarkan diri dan membuat keputusan yang lebih bijak. .

Penelitian mendukung hal ini. Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa hakim pembebasan bersyarat, yang diharapkan membuat keputusan rasional berdasarkan fakta yang disajikan kepada mereka, lebih lunak di awal hari dibandingkan di kemudian hari, menunjukkan bahwa pengambilan keputusan sering dipengaruhi oleh faktor-faktor asing. Studi tersebut menyimpulkan bahwa kelelahan keputusan menyebabkan hakim pembebasan bersyarat menjadi kurang lunak seiring berjalannya waktu.

Kita semua membuat beberapa keputusan sepanjang hari. Keputusan ini menghabiskan kekuatan otak, yang merupakan sumber daya yang terbatas. Mendedikasikan waktu untuk tidak melakukan apa-apa berarti, untuk sementara, Anda tidak akan bertanggung jawab untuk membuat keputusan berisiko tinggi. "Penghematan keputusan" ini kemudian dapat digunakan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan berkualitas lebih tinggi ketika situasi membutuhkannya.

Memberi otak Anda waktu untuk rileks membantunya bekerja lebih baik.


Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa teknologi digital menyebabkan kita menunjukkan lebih banyak gejala mirip ADHD dan berdampak negatif pada kemampuan kita untuk memahami satu sama lain secara emosional dan sosial.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di Frontiers of Human Neuroscience menemukan bahwa orang yang telah lama menjadi praktisi meditasi tampil lebih baik daripada mereka yang tidak pernah bermeditasi pada tes perhatian spasial, yang merupakan tugas pemrosesan informasi. Demikian pula, sebuah studi terpisah yang diterbitkan dalam Cognitive Therapy and Research menyelidiki efek dari kursus pelatihan mindfulness intensif selama 10 hari pada kontrol atensi, gaya kognitif, dan kesejahteraan emosional. Hasil mengungkapkan bahwa peserta tanpa pengalaman meditasi sebelumnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam perhatian, mengurangi perenungan dan sikap disfungsional, dan meningkatkan pengaruh positif dan welas asih.

Temuan ini menekankan pentingnya merangkul laju kehidupan yang lebih lambat dan mengintegrasikan praktik mindfulness — terutama dalam konteks gaya hidup digital — menyoroti dampak positif yang dapat mereka berikan pada perhatian, refleksi diri, dan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Kesimpulan

Di dunia yang menuntut kecepatan dan keterhubungan yang konstan, penting untuk mengenali nilai memperlambat dan memberi izin pada diri sendiri untuk istirahat. Dengan sengaja memperlambat langkah kita, kita dapat memerangi kelelahan mengambil keputusan, membuat pilihan yang lebih baik, dan mengoptimalkan kemampuan kognitif kita. Selain itu, menggabungkan praktik mindfulness ke dalam kehidupan kita sehari-hari dapat berkontribusi pada peningkatan perhatian, kesejahteraan emosional, dan welas asih.
 
 


psychologytoday
ZIDWORLD © 2024 Designed By JoomShaper

Please publish modules in offcanvas position.

{{ message }}