fbpx
Zebroid, Hasil Kawin Silang Zebra dan Kuda

Zebroid yang Keren, Hasil Kawin Silang Zebra dan Kuda

Zebra hibrida atau dikenal dengan sebutan "Zebroid" umumnya memiliki fisik yang menyerupai induknya yang bukan zebra, tetapi tetap memilki sedikit motif zebra dalam tubuhnya. Persilangannya dilakukan antara pejantan zebra dengan betina yang non zebra, seperti halnya kuda (genus Equus).



Kini dengan kemajuan sains, persilangan makin banyak dilakukan. Persilangan zebroid telah dilakukan sejak abad ke-19. Bermula dari percobaan yang dilakukan oleh Lord Morton pada tahun 1815, Ia mengawinkan kuda jantan quagga dengan kuda betina Arab kastanye. Hasil dari perkawinan tersebut merupakan bentuk hibrida dari kedua kromosom dua jenis kuda yang berbeda. Hal tersebut memantik minat Cossar Ewart (Profesor Sejarah Alam di Edinburgh) untuk menciptakan hibrida jenis lain.


Perkawinan kromosom antara zebra dan kuda tentunya akan berpengaruh juga pada sifat dan perilaku zebroid. Zebroid memiliki sifat yang tentunya berbeda dengan zebra atau kuda pada umumnya.

 

Anak zebra akan dibesarkan melalui kasih sayang dari induknya, sedangkan zebroid perlu mendapatkan perhatian khusus dari praktisi pengembang hibrida tersebut, dimungkinkan induknya akan kesulitan mengenali dirinya.

"Zebroid memiliki kecenderungan lebih agresif dibandingkan zebra atau kuda pada umumnya, mereka perlu dilatih agar tidak menimbulkan reaksi yang agresif dan tak terprediksi," tulis Ellen B. Wiedner dan William A. Lindsay pada jurnal Compendium dengan judul Managemet Zebras and Zebra Hybrids (Zebroids)

National Geographic

Tags: ,

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *