fbpx
Hamtramck (Baca: Hamtramick) Sebuah Kota Rukun-Harmonis di AS dengan Wali Kota Muslim

Hamtramck (Baca: Hamtramick) Sebuah Kota Rukun-Harmonis di AS dengan Wali Kota Muslim

Menyusuri jalan utama di Hamtramck terasa seperti tur keliling dunia karena keberagaman etnik, agama dan budaya warganya. Inilah kota paling damai dan toleran di AS.
 

Inilah kawasan multi budaya tak jauh dari kota Detroit, di negara bagian Michigan. Keragaman di Hamtramck terlihat dari puluhan bahasa dari seluruh dunia yang dipergunakan oleh para warganya.

 
Toko sosis Polandia dan toko roti Eropa Timur berada di samping department store Yaman dan toko pakaian Bengali. Lonceng gereja bisa berbunyi bersamaan dengan azan dengan aman.
 
 
Hamtramck hidup dengan sekitar 30 bahasa yang digunakan, telah memilih Dewan Kota yang semuanya Muslim dan Wali Kota Muslim, menjadi yang pertama di AS yang memiliki pemerintahan Muslim-Amerika.
 
Setelah dihadapkan dengan diskriminasi, penduduk Muslim telah menjadi bagian integral dari kota multikultural ini, dan sekarang menjadi lebih dari setengah populasinya.
 
 
Dan terlepas dari tantangan ekonomi dan perdebatan budaya yang intens, penduduk di Hamtramck dari latar belakang agama dan budaya yang berbeda hidup berdampingan secara harmonis, menjadikan kota ini sebagai studi kasus yang berarti bagi masa depan Amerika yang semakin beragam.
 
Lengkungan sejarah Hamtramck dari awal sebagai kota pemukim Jerman hingga zaman modern - ini adalah kota mayoritas Muslim pertama di Amerika.
 
 
"Bukan hal yang aneh melihat beberapa orang dengan rok mini dan beberapa mengenakan jilbab atau burqa berjalan di jalan yang sama. Ini semua tentang kita," kata Zlatan Sadikovic, seorang imigran Bosnia yang memiliki sebuah kafe di pusat kota Hamtramck.
 
 

 

BBC, VOA
Tags: ,