fbpx
Cara Membuat Burger Ayam Goreng Super Lezat ala Dubai

Cara Membuat Burger Ayam Goreng Super Lezat ala Dubai

Membuat burger ayam goreng berkualitas tinggi, sebetulnya lebih mudah dari yang Anda kira.



Restoran burger yang berbasis di Dubai, Pickl, mendunia berkat berbagai burgernya yang disukai banyak orang, dan salah satu pilihan paling populer adalah burger ayam goreng 'sando'.

Koki pickl Steve Flawith mengatakan rahasia untuk membuat burger ayam goreng yang enak terletak pada suhu minyak goreng dan menggunakan buttermilk dan tepung untuk menciptakan kerenyahan yang sempurna.

“Anda bisa menggoreng ayam dengan berbagai cara,” kata Flawith. “Setiap budaya memiliki [hidangan] ayam goreng, tetapi cara kami melakukannya adalah dengan tepung dan buttermilk – dan itu memberi kami ayam renyah yang enak setiap saat.”

Campur tepung dengan garam, merica, dan bumbu pilihan Anda untuk menambah rasa. Untuk kombinasi yang lezat, cobalah paprika asap, cabai rawit, bubuk bawang putih, dan oregano kering.

Flawith memperingatkan bahwa kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat menyiapkan burger ayam goreng adalah memanaskan minyak goreng ke suhu yang salah. 

 
“Minta suhu sekitar 175/180 derajat dan pertahankan pada suhu yang konsisten,” kata Flawith.

Langkah terakhir – membumbui ayam goreng dan menambahkan saus dan topping ke roti pilihan Anda – sangat penting.

Mayones yang dibeli di toko dapat dibubuhi bumbu seperti saus pedas chipotle atau minyak cabai untuk membuat saus burger yang lezat.

“Sausnya terserah Anda,” kata Flawith, “dan bumbunya adalah tempat Anda bisa benar-benar kreatif dan membuat sendiri.”

Bumbu ditaburi di atas ayam goreng sesaat sebelum disajikan. Coba campurkan garam, lada putih, paprika asap, dan bubuk bawang putih dalam shaker garam untuk membumbui ayam, lalu lapisi daging dalam sanggul dengan mayo pedas Anda, acar gherkin, dan – sebagai pelengkap nutrisi – potongan selada yang renyah, meskipun banyak lebih suka menambahkan burger ayam mereka dengan bacon renyah.

Bahan

4 dada ayam tanpa kulit

350ml mentega cair

100 gram tepung terigu

1 sdt oregano kering

1 sdt paprika asap

2 sdt cabai rawit

1 sdt bawang putih bubuk

minyak sayur untuk menggoreng

Cara:

1. Tempatkan setiap dada ayam di antara dua potong clingfilm dan pukul dengan rolling pin sampai setebal 2 cm.

2. Tambahkan ke mangkuk berisi buttermilk, tutup dan dinginkan selama 2-12 jam – semakin lama semakin baik.

3. Campur tepung terigu, oregano, paprika, cabai rawit dan bubuk bawang putih di piring besar.

4. Keluarkan ayam dari buttermilk, celupkan ke dalam tepung yang sudah dibumbui dan kibaskan kelebihannya.

5. Isi sepertiga wajan besar dengan minyak sayur dan panaskan hingga 175/180C (uji dengan sepotong roti, yang akan berwarna cokelat dalam 40 detik).

6. Masak ayam, dalam kelompok, selama 4-5 menit dibalik setengah, sampai berwarna cokelat keemasan. Tiriskan di atas kertas dapur dan tetap hangat.

7. Tumpuk roti burger dengan ayam dan topping pilihan Anda, yang bisa termasuk selada, acar gherkin, dan saus pilihan Anda, dari mayones berbumbu hingga mustard.