fbpx
Sungai Mekong yang Melintasi China, Laos, Myanmar, Thailand, Kamboja dan Vietnam

Sungai Mekong yang Melintasi China, Laos, Myanmar, Thailand, Kamboja dan Vietnam, Sumber Sengketa Baru di Indo-Pasifik

Sungai Mekong mengalir dari dataran tinggi Tibet, ke Cina, Laos, Thailand, dan Kamboja hingga wilayah delta Vietnam. Ratusan bendungan pembangkit listrik tenaga air telah dibangun di sungai itu, dan sebagian besar berada di China.

 

Namun, pembangunan bendungan telah mengakibatkan kerusakan lingkungan dan dugaan penggusuran paksa dan pembukaan lahan di seluruh wilayahnya. 


Thailand dan Vietnam sekarang juga mengatakan mereka mengalami kekeringan yang tidak biasa karena pembendungan di bagian hulu Sungai Mekong. 
 

Sebuah pengamatan satelit melacak tingkat air di bendungan-bendungan China di Sungai Mekong. 

 
Sungai sepanjang 4.350 km, yang dijuluki "Lancang di China" itu menjadi fokus pengamatan. Jalur air itu mengalir ke selatan melewati Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam,

Hasil pengamatan satelit menunjukkan bendungan-bendungan China telah menahan air sehingga merugikan negara-negara di hilir, di mana 60 juta orang bergantung pada sungai itu untuk perikanan dan pertanian.
 
Monitor Bendungan Mekong itu sebagian didanai oleh Departemen Luar Negeri AS, menggunakan data dari satelit untuk melacak tingkat air dalam bendungan-bendungan di China dan negara lain. Informasinya kini sudah tersedia sesuai kondisi nyata di lapangan (real-time).
 
voa, scmp

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *