Permukaan Laut Terus Naik Akibat Mencairnya Es di Greenland dan Antartika

Permukaan Laut Terus Naik Akibat Mencairnya Es di Greenland dan Antartika

Jika Anda dapat membentuk es batu dari semua es yang hilang dari Greenland dan Antartika selama tiga dekade terakhir, tingginya akan mencapai 20 km.


Sekelompok ilmuwan internasional yang bekerja dengan data satelit mengatakan percepatan pencairan lapisan es Bumi sekarang tidak diragukan lagi.

Mereka menghitung kutub beku planet ini kehilangan 7.560 miliar ton massa antara tahun 1992 hingga 2022.

Tujuh tahun pencairan terburuk telah terjadi dalam dekade terakhir.

Kehilangan massal dari Greenland dan Antartika sekarang bertanggung jawab atas seperempat dari semua kenaikan permukaan laut.

Kontribusi ini lima kali lipat dari 30 tahun lalu.

Penilaian terbaru datang dari Ice Sheet Mass Balance Intercomparison Exercise, atau Imbie.


Proyek ini, yang didukung oleh badan antariksa AS dan Eropa, mengeluarkan tinjauan rutin tentang keadaan lapisan es di planet ini.

Ini adalah laporan yang ketiga, dan seperti studi sebelumnya, telah menyusun dan meninjau semua pengukuran satelit yang tersedia.

Ini termasuk pengamatan dari orbit sekitar 50 misi pesawat ruang angkasa dari tahun 1992. Tahun itu adalah ketika instrumen yang mengorbit paling cocok untuk mempelajari ketinggian dan kecepatan es mulai terbang melintasi kutub secara rutin.

Sebanyak 7.560 miliar ton es hilang dari Greenland dan Antartika selama periode studi mendorong permukaan laut naik 21 mm.

Hampir dua pertiga (13,5 mm) darinya disebabkan oleh pencairan di Greenland; sepertiga (7,4mm) adalah hasil pencairan di Antartika.

"Semua ini memiliki implikasi mendalam bagi masyarakat pesisir di seluruh dunia dan risiko terkena banjir dan erosi," kata Dr Inès Otosaka dari Pusat Pengamatan dan Pemodelan Kutub (CPOM) Inggris, yang memimpin penilaian terbaru.

"Sangat penting bahwa kami memiliki perkiraan yang kuat untuk kontribusi masa depan terhadap kenaikan permukaan es dari lapisan es sehingga kami dapat pergi ke komunitas ini dan berkata, 'Ya, kami memahami apa yang terjadi dan sekarang kami dapat mulai merencanakan mitigasi' ," katanya kepada BBC.

 
bbc, cbs
ZIDWORLD © 2024 Designed By JoomShaper

Please publish modules in offcanvas position.

{{ message }}