Google Membesut Kecerdasan Buatan untuk Membuat Berita

Google Membesut Kecerdasan Buatan untuk Membuat Berita

Google mengembangkan kecerdasan buatan untuk membantu jurnalis menginvestigasi dan menulis artikel berita. Sebuah perkembangan yang kemungkinan akan mengguncang industri media.


Google bekerja dengan outlet media, terutama dengan penerbit kecil, untuk menyediakan alat bertenaga AI untuk membantu jurnalis dengan "pilihan tajuk utama atau gaya penulisan yang berbeda", kata juru bicara Google Jenn Crider

“Tujuan kami adalah memberi para jurnalis pilihan untuk menggunakan teknologi yang muncul ini dengan cara yang meningkatkan pekerjaan dan produktivitas mereka, sama seperti kami membuat alat bantu tersedia untuk orang-orang di Gmail dan di Google Docs,” ungkap juru bicara Google Jenn Crider dalam sebuah pernyataan, yang menggambarkan “tahap awal eksplorasi ide” perusahaan.

“Sederhananya, alat ini tidak dimaksudkan untuk, dan tidak dapat, menggantikan peran penting yang dimiliki jurnalis dalam melaporkan, membuat, dan memeriksa fakta artikel mereka.”

Perkembangan tersebut kemungkinan akan memicu perdebatan yang berkembang tentang risiko dan manfaat platform bertenaga AI, seperti ChatGPT, yang mengejutkan pengguna dengan kemampuannya meniru ucapan manusia tetapi menimbulkan kekhawatiran tentang pelanggaran hak cipta, informasi yang salah, dan penggantian pekerja manusia.

Industri media global telah dihancurkan oleh PHK berturut-turut di tengah jatuhnya pendapatan iklan cetak. 

The New York Times pertama kali melaporkan pengembangan alat Google, yang dikenal sebagai Genesis, yang menurut surat kabar itu telah dikirim ke organisasi berita termasuk Times, Washington Post, dan pemilik Wall Street Journal News Corp.

Sementara beberapa organisasi media telah mulai menggunakan AI generatif, ruang redaksi umumnya berhati-hati dalam menggunakan teknologi tersebut untuk tujuan pengumpulan berita di tengah kekhawatiran tentang akurasi, plagiarisme, dan hak cipta.

Associated Press mengumumkan kemitraan dengan OpenAI yang memungkinkan pembuat ChatGPT menggunakan arsip organisasi berita sejak tahun 1985 untuk melatih AI.

 



aljazeera

ZIDWORLD © 2024 Designed By JoomShaper

Please publish modules in offcanvas position.

{{ message }}