Menara Anti Polusi yang Menyedot Asap Diolah Jadi Perhiasan

Menara 'Pemakan Asap' yang Membersihkan Udara Kota

Singapura sering protes karena mengalami polusi asap yang dibawa angin dari Kalimantan dan Sumatera. Beberapa kota di Indonesia juga sering mengalami polusi asap kiriman angin dari wilayah lain.

 

Inovasi rancangan ilmuwan-seniman Belanda ini menciptakan ruang publik berudara bersih di tengah kota yang pekat dengan polusi udara.


Menara anti polusi besutan Daan Roosegaarde terlihat modern dan futuristik. Kendati terkesan sederhana, mampu membersihkan udara di sekelilingnya, menjadi semacam oase udara bersih di tengah kabut asap.



Filter Ajaib

Di dalamnya terdapat filter udara berteknologi teranyar yang sangat efisien. Selain hemat energi, filter ini juga mampu menyaring partikel terkecil sekalipun. Hasilnya udara yang ada di sekitar menara 75% lebih bersih dari sebelumnya.


Hak Bernafas

Gagasan Roosegaarde menyulap ruang publik menjadi kawasan berudara bersih di kota-kota yang berpolusi tinggi.
 

Menara Pemakan Asap Membersihkan Udara Beijing

Teknologi inovatif besutan ilmuwan-seniman Belanda Daan Roosegaarde ini sudah mulai dimanfaatkan China untuk membersihkan udara kota Beijing yang sangat tercemar polusi asap. Lihat videonya



Perhiasan Berbahan Partikel Kotor 

Roosegaarde bervisi masa depan tanpa sampah. Sebab itu ia mencari cara untuk mendaur ulang partikel polusi yang tersaring oleh menara udara buatannya. Roosegaarde akhirnya memutuskan untuk menyulap partikel kotor menjadi sesuatu yang berharga. Dengan mengolah limbah lewat proses bertekanan tinggi selama 30 menit dan menyelubunginya dengan kaca akrilik, Roosegaarde berhasil memproduksi aksesoris dan perhiasan.

Visioner Urban

Roosegaarde tidak asing dengan gagasan inovatif untuk masa depan. 
 
Dia merancang jalur bercahaya, menggunakan cat Fluoresensi yang menyerap energi matahari di siang hari dan bisa memendarkan cahaya di malam hari.
 
Deutsche Welle, euronews
ZIDWORLD © 2024 Designed By JoomShaper

Please publish modules in offcanvas position.

{{ message }}