AS Membangun Pangkalan Militer di Papua Nugini

Kenapa AS Membangun Pangkalan Militer di Papua Nugini?

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan tujuannya adalah memperkuat kemampuan Papua Nugini untuk melindungi diri dan membela kepentingannya. Meskipun faktanya adalah ekspansi militer AS lebih jauh di Indo-Pasifik.


Austin mengatakan, “Ini adalah kerangka dasar fundamental untuk memperdalam hubungan pertahanan.” Ia mengingatkan bahwa hubungan itu telah berlangsung selama beberapa dekade. Nilai-nilai bersama yang dimiliki kedua negara sangatlah penting, dan inilah kesempatan untuk memperluas hubungan kedua negara yang kuat selama ini, kata Austin.

Kedua negara telah menandatangani perjanjian keamanan yang memungkinkan militer AS untuk membangun dan mengoperasikan pelabuhan laut dan bandara di Papua Nugini.

Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin III dan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape di Port Moresby, Papua Nugini, 

Perdana Menteri Papua Nugini James Marape mengatakan perjanjian kerja sama pertahanan akan meningkatkan infrastruktur pertahanan maupun infrastruktur secara umum di negaranya, yang menguntungkan militer dan ekonomi secara keseluruhan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, mengemukakan kemungkinan bagi Selandia Baru dan negara-negara lain untuk ambil bagian dalam pakta pertahanan AUKUS, yang dapat membuat gusar China.

Blinken mengatakan, “AS, sebagai negara Pasifik sangat berkomitmen untuk mewujudkan visi bersama bagi Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, makmur, aman, tangguh dan terhubung.” Artinya, lanjut Austin, ini adalah kawasan di mana negara-negara bebas memilih jalur dan mitra mereka sendiri; di mana masalah diatasi secara terbuka; di mana peraturan dicapai secara transparan dan diimplementasikan secara adil; dan di mana orang atau barang dan gagasan dapat bergerak secara sah dan bebas. Ini adalah visi bersama antara AS dan Selandia Baru dan banyak negara lainnya di kawasan tersebut, lanjut Blinken.

 

 
 
voa, zid
ZIDWORLD © 2024 Designed By JoomShaper

Please publish modules in offcanvas position.

{{ message }}