fbpx
Menakjubkan Sekaligus Mengerikan, 'Robot Hidup' yang Bisa Menggandakan Diri

Menakjubkan Sekaligus Mengerikan, 'Robot Hidup' yang Bisa Menggandakan Diri

Mesin biologis sangat kecil yang dikembangkan dari sel-sel kodok - disebut Xenobots - bisa menggandakan diri. Bahkan bisa diubah menjadi senjata biologis dan alat pembunuh.



Xenobot dipublikasikan dalam sebuah laporan tentang teknologi perbaikan sendiri dapat digunakan untuk menggantikan bahan yang dapat terdegradasi seperti beton, baja, dan plastik. Kemudian, terungkap bahwa organisme telah ditingkatkan untuk dapat mengingat lingkungan mereka dan berkumpul menjadi satu kawanan.

Sekarang, sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal PNAS menunjukkan bahwa Xenobots dapat mereplikasi diri.

Joshua Bongard, salah satu penulis laporan baru, mengklaim bahwa "dengan desain yang tepat" organisme "akan secara spontan mereplikasi diri," dan bahwa teknologi tersebut dapat digunakan untuk mengatasi pandemi di masa depan dan mempercepat produksi vaksin.

Sam Kriegman, penulis utama studi tersebut, menggambarkan proses tersebut sebagai bentuk replikasi diri yang sama sekali baru, mencatat bahwa “tidak ada hewan atau tumbuhan yang diketahui sains mereplikasi dengan cara ini.” Xenobots dikondisikan untuk berkembang biak oleh superkomputer yang muncul dengan bentuk yang tepat dari 'orang tua' ideal setelah berbulan-bulan bekerja di tugas itu, kata peneliti. 

 
Meskipun desainnya, yang memiliki beberapa kesamaan dengan Pac-Man, tampak kontra-intuitif dan terlalu "sederhana", itu terbukti sangat progenitif.

"Xenobots induk" berbentuk Pac-Man akhirnya memunculkan tidak hanya satu, tetapi beberapa generasi, membangun "cicit" yang, pada gilirannya, menciptakan "cicit," klaim Kriegman.

Bongard menjelaskan bahwa kecepatan replikasi memainkan peran penting untuk aplikasi praktis bot.

“Jika kita dapat mengembangkan teknologi, belajar dari Xenobots, di mana kita dapat dengan cepat memberi tahu AI: 'Kami membutuhkan alat biologis yang melakukan X dan Y dan menekan Z,' —itu bisa sangat bermanfaat," jelas Bongard.

Sementara Bongard bersikeras bahwa manfaat dari teknologi terobosan yang seharusnya lebih besar daripada risikonya, beberapa laporan telah mengangkat masalah etika seputar teknologi Xenobot. Bahkan mereka dapat diubah menjadi senjata biologis dan alat pembunuh.
 
 
 

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *