fbpx
Prediksi IMF Pengaruh 'Revolusi Aset Digital' Terhadap Ekonomi Global

Prediksi IMF Pengaruh 'Revolusi Aset Digital' Terhadap Ekonomi Global

Sebuah laporan baru Dana Moneter Internasional (IMF) menunjukkan pasar crypto dan ekuitas menjadi semakin saling berhubungan di seluruh sektor ekonomi dari waktu ke waktu, yang menimbulkan kekhawatiran stabilitas keuangan.



Ekonom IMF Tara Iyer mengatakan bahwa “aset kripto seperti Bitcoin telah matang dari kelas aset yang tidak jelas dengan sedikit pengguna menjadi bagian integral dari revolusi aset digital.” Dia menambahkan bahwa dengan transisi seperti itu, ada risiko yang lebih besar.

Penelitian menemukan bahwa Bitcoin dan Ether, yang jarang berkorelasi dengan indeks saham utama sebelum pandemi, membantu mendiversifikasi risiko bagi investor dengan bertindak sebagai lindung nilai terhadap perubahan di kelas aset lainnya. “Tetapi ini berubah setelah tanggapan krisis bank sentral yang luar biasa pada awal 2020,” kata laporan itu. Koefisien korelasi antara Bitcoin (BTC) dan S&P 500 telah melonjak 3.600%, naik dari 0,01 menjadi 0,36 setelah April 2020.

“Mengingat [aset kripto] volatilitas dan valuasi yang relatif tinggi, peningkatan gerakan bersama mereka dapat segera menimbulkan risiko terhadap stabilitas keuangan terutama di negara-negara dengan adopsi kripto yang meluas,” kata IMF.

Lebih lanjut menyerukan kerangka peraturan global yang terkoordinasi “untuk memandu regulasi dan pengawasan nasional dan mengurangi risiko stabilitas keuangan yang berasal dari ekosistem crypto.”