Chip yang Meniru Otak Manusia Besutan IBM

Chip yang Meniru Otak Manusia Besutan IBM Lebih Canggih untuk Kecerdasan Buatan

Prototipe chip "seperti otak" dapat membuat kecerdasan buatan (AI) memproses data mirip otak manusia dan lebih hemat energi.

 

IBM mengatakan prototipenya dapat menghasilkan chip AI yang lebih efisien dan lebih sedikit menguras baterai untuk smartphone.


Efisiensinya tergantung pada komponen yang bekerja dengan cara yang mirip dengan koneksi di otak manusia, katanya.

Dibandingkan dengan komputer tradisional, "otak manusia mampu mencapai kinerja yang luar biasa dengan sedikit konsumsi daya", kata ilmuwan Thanos Vasilopoulos, yang berbasis di laboratorium penelitian IBM di Zurich, Swiss.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa efisiensi energi yang unggul berarti "beban kerja yang besar dan lebih kompleks dapat dilakukan di lingkungan dengan daya rendah atau baterai terbatas", misalnya, mobil, ponsel, dan kamera.

"Selain itu, penyedia cloud akan dapat menggunakan chip ini untuk mengurangi biaya energi dan jejak karbon mereka," tambahnya.

Sebagian besar chip adalah digital, artinya mereka menyimpan informasi sebagai 0 dan 1, tetapi chip baru menggunakan komponen yang disebut memristor [resistor memori] yang analog dan dapat menyimpan berbagai angka.

Otak manusia adalah analog, dan cara kerja memristor mirip dengan cara kerja sinapsis di otak.

Prof Ferrante Neri, dari University of Surrey, menjelaskan bahwa memristor termasuk dalam bidang yang mungkin Anda sebut komputasi yang diilhami oleh alam yang meniru fungsi otak.

Memristor dapat "mengingat" sejarah listriknya, dengan cara yang mirip dengan sinapsis dalam sistem biologis.

"Memristor yang saling berhubungan dapat membentuk jaringan menyerupai otak biologis," katanya.

Dia sangat optimis tentang masa depan chip yang menggunakan teknologi ini: "Kemajuan ini menunjukkan bahwa kita mungkin berada di titik puncak untuk menyaksikan kemunculan chip mirip otak dalam waktu dekat."

 

 
 
BBC
ZIDWORLD © 2024 Designed By JoomShaper

Please publish modules in offcanvas position.

{{ message }}