Pilot Robot Humanoid yang Mengemudikan Pesawat Lebih Baik Daripada Manusia

Pilot Robot Humanoid yang Mengemudikan Pesawat Lebih Baik Daripada Manusia

Memori robot humanoid sangat besar sehingga dapat menghafal semua peta navigasi, tugas yang tidak mungkin dilakukan oleh pilot manusia.


Baik kecerdasan buatan (AI) dan robotika telah membuat langkah signifikan dalam beberapa tahun terakhir, yang berarti sangat banyak pekerjaan manusia akan segera diambil alih oleh teknologi - di darat dan bahkan di langit di atas kita.

Sebuah tim insinyur dan peneliti dari Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) saat ini sedang mengembangkan robot humanoid yang dapat menerbangkan pesawat tanpa perlu memodifikasi kokpit.

"Pibot adalah robot humanoid yang dapat menerbangkan pesawat seperti pilot manusia dengan semua kontrol tunggal di kokpit, yang dirancang untuk manusia," kata David Shim, profesor teknik elektro di KAIST, kepada Euronews Next.

Robot yang dijuluki "Pibot" (Pilot Robot) itu dapat mengendalikan lengan dan jarinya untuk mengoperasikan instrumen penerbangan dengan cekatan, bahkan saat terjadi getaran yang parah di pesawat terbang, dengan menggunakan teknologi kontrol presisi tinggi.

 

 

euronews

ZIDWORLD © 2024 Designed By JoomShaper

Please publish modules in offcanvas position.

{{ message }}