fbpx
Apakah Perang Siber Rusia vs AS Segera Terjadi?

Sudah Siapkah AS untuk Perang Siber Lawan Rusia?

Amerika Serikat adalah target ribuan serangan siber setiap hari, banyak di antaranya berasal dari Rusia.

 
Jika ketegangan antara Washington dan Moskow semakin meningkat akibat perang di Ukraina, para ahli khawatir bahwa pemimpin Rusia Vladimir Putin akan memerintahkan serangan siber skala penuh yang dapat menghancurkan infrastruktur penting Amerika. 

Presiden Joe Biden memperingatkan bahwa jika Rusia meluncurkan serangan siber terhadap perusahaan-perusahaan Amerika dan infrastruktur penting, "kami siap untuk merespons."


Para pakar keamanan siber mengatakan reaksi AS dapat mencakup berbagai opsi, mulai dari memperkuat jaring pengaman keamanan siber Amerika hingga meluncurkan senjata siber ofensif rahasia terhadap target Rusia termasuk infrastruktur kritisnya.

Beberapa dari tanggapan tersebut sudah berlangsung. Pejabat pemerintah AS meningkatkan kampanye mereka untuk menerapkan upaya “perisai” untuk melindungi bagian-bagian penting dari infrastruktur penting AS – seperti jaringan pipa, bank, penerbangan komersial, dan rumah sakit – dari potensi serangan siber Rusia.
 

Ketegangan antara AS dan Rusia dalam perang Ukraina, dikhawatirkan analis akan jadi pemicu serangan siber dari Rusia yang akan meluluhlantakkan infrastrurktur AS.

 

Siapkah AS? Lihat videonya

voa
Tags: ,