fbpx
Akses Gratis Belajar Bikin Robot Cerdas di Situs PickNik Robotics

Akses Gratis Belajar Bikin Robot Cerdas di Situs PickNik Robotics

Perusahaan teknologi umumnya merahasiakan kode perangkat lunak mereka. Namun PickNik Robotics menawarkan perangkat lunak secara terbuka, kode yang dapat dipelajari dan ditingkatkan untuk membuat robot cerdas.

 

Upaya membuat tangan robot berfungsi layaknya tangan manusia, tampak seperti bermain-main. Namun dibutuhkan banyak keterampilan agar lengan robot dengan hati-hati mengambil barang yang tepat, kata Nathan Brooks, Kepala Bagian Teknologi PickNik Robotics.


“Dalam komunitas Riset dan Pengembangan, tangan-tangan robot sebagian besar diarahkan untuk mengambil sebanyak mungkin suku cadang dari rak dan, barang-barang seperti beberapa lakban dan lem," katanya.

Mesin memang baik dalam tugas yang berulang dan membutuhkan ketepatan. Perusahaan perangkat lunak membuat mesin-mesin itu pintar dengan menulis instruksi perangkat lunak untuk lengan robot supaya bisa memanen hasil kebun, bekerja di lautan dan banyak lagi, kata pakar robotika Kat Scott dari Open Robotics.

"Apa hal sederhana yang mereka lakukan? Dan itu sama saja seperti apa hal sederhana yang saya lakukan dengan tangan saya? Manusia sangat pandai mengambil sesuatu. Dan robot belum sepintar itu. Jadi yang kami coba lakukan adalah robot yang lebih baik dalam mengambil dan memindahkan sesuatu," ujarnya.

PickNik Robotics, perusahan di Boulder, Colorado, menampilkan perangkat lunak yang memudahkan kita untuk mengoperasikan lengan robot dari jarak jauh atau melatihnya untuk melakukan berbagai tugas.

Perusahaan-perusahaan teknologi sering kali merahasiakan kode perangkat lunak mereka. Namun, PickNik termasuk perusahaan yang menawarkan perangkat lunak secara terbuka, kode yang dapat dilihat dan ditingkatkan oleh pengguna. Insinyur robotika PickNik Abishalini Sivaraman mengatakan tingkat dasar perangkat lunak di perusahaannya bisa diakses secara gratis. Ini linknya https://picknik.ai/

“Kalian bisa melihatnya secara online, dan terdapat banyak tutorial. Jadi, kalian bisa mencobanya di rumah. Kalian bahkan tidak membutukan robot. Kalian dapat melakukan banyak hal dalam simulasi," katanya.

 

voa
Tags: ,