fbpx
Rusia dan China Perkuat BRICS dan Ciptakan Sistem Pembayaran Internasional Baru

Rusia dan China Perkuat BRICS dan Ciptakan Sistem Pembayaran Internasional Baru

Rusia dan China memperkuat kelompok ekonomi BRICS - Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan - untuk menandingi G7, dan menciptakan sistem pembayaran internasional baru tandingan dolar AS.



Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan (22/6) bahwa bank-bank dari negara-negara BRICS dapat dengan bebas terhubung ke System for Transfer of Financial Messages (SPFS), alternatif rancangan Rusia untuk SWIFT.
 
Putin mengatakan bahwa bersama dengan mitranya di BRICS, Rusia sedang mengembangkan alternatif yang dapat diandalkan untuk pembayaran internasional.
 
“Sistem Rusia untuk mengirimkan pesan keuangan terbuka untuk menghubungkan bank-bank dari lima negara,” katanya, menambahkan: “Geografi penggunaan sistem pembayaran Rusia Mir sedang berkembang.”
 
Putin juga mengatakan bahwa pekerjaan sedang dilakukan untuk menciptakan mata uang cadangan internasional berdasarkan kekuatan mata uang BRICS.


“China mengusulkan untuk memulai proses ekspansi BRICS, mengeksplorasi kriteria dan prosedur untuk ekspansi, dan secara bertahap membentuk konsensus,” kata Wang Yi, anggota dewan negara dan menteri luar negeri China, seperti dikutip oleh Reuters.

Brasil, Rusia, India, dan China awalnya mendirikan blok tersebut pada 2009, dan Afrika Selatan bergabung pada 2010. BRICS memiliki lebih dari 16% pangsa dalam perdagangan global dan mewakili lebih dari 40% populasi dunia.

 

 
RT/Zid
Tags: , ,