fbpx
Blok Negara BRICS Desak Pelucutan Senjata Nuklir

Blok Negara BRICS Desak Pelucutan Senjata Nuklir

Negara-negara anggota BRICS – Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan – menyerukan “dunia yang bebas dari senjata nuklir” dalam deklarasi bersama. Sepakat “perang nuklir tidak dapat dimenangkan dan tidak boleh diperjuangkan.”



“Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk dunia yang bebas dari senjata nuklir dan menekankan komitmen kuat kami terhadap perlucutan senjata nuklir dan dukungan kami untuk pekerjaan mengenai hal ini selama sesi Konferensi Perlucutan Senjata tahun 2022,” bunyi deklarasi tersebut.

Kelompok itu juga memuji pernyataan bersama oleh anggota tetap Dewan Keamanan PBB (P5) – China, Prancis, Rusia, Inggris, dan AS – yang menegaskan bahwa “perang nuklir tidak dapat dimenangkan dan tidak boleh diperjuangkan.” Kekuatan nuklir utama berhasil menunjukkan tampilan persatuan yang langka.

Selain itu, resolusi BRICS menggalang dukungan terhadap “negosiasi dalam format bilateral dan multilateral untuk menyelesaikan semua masalah yang berkaitan dengan Semenanjung Korea, termasuk denuklirisasi lengkapnya.” Kelompok itu juga mendesak untuk “menyelesaikan masalah nuklir Iran melalui cara damai dan diplomatik.”

Blok BRICS – Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan – telah mengadakan pertemuan puncak ke-14, yang diselenggarakan oleh China, yang saat ini memegang jabatan presiden bergilir dalam grup tersebut. Para pemimpin BRICS mengadakan pertemuan pada hari Kamis 23/6 melalui konferensi virtual.

 
 
RT/Zid
Tags: ,