fbpx
Dunia Menuju Perubahan Geopolitik Menjadi Multipolar

Kata Putin Dunia Sedang Menuju Perubahan Geopolitik, Betulkah Demikian?

Era baru dunia semakin dekat dan hanya negara-negara “yang benar-benar berdaulat” yang akan eksis berperan setelah perubahan geopolitik menjadi multipolar, kata Presiden Rusia Vladimir Putin.



Dilansir RussiaToday, Putin mengklaim bahwa perubahan yang “benar-benar revolusioner”, “besar” akan mengarah pada penciptaan tatanan dunia baru yang “harmonis, lebih adil, dan lebih berfokus pada masyarakat dan aman”. Dalam era baru ini, “hanya negara yang benar-benar berdaulat yang dapat memastikan dinamika pertumbuhan yang tinggi,” katanya.

Dengan istilah 'kedaulatan' berarti "kebebasan pembangunan nasional, dan dengan demikian setiap orang secara individu," serta "kelangsungan teknologi, budaya, intelektual, pendidikan negara" dan "bertanggung jawab, aktif dan berpikiran nasional, masyarakat sipil yang berorientasi nasional.”

Negara seperti itu, kata Putin, akan menjadi contoh bagi yang lain dalam hal “standar dan kualitas hidup masyarakat, perlindungan nilai-nilai tradisional dan cita-cita humanistik yang tinggi.”

Dunia semacam ini sangat kontras dengan tatanan dunia unipolar yang didominasi Barat, yang, menurut pendapat Putin, “menjadi rem bagi perkembangan peradaban kita.”

Dia menuduh Barat sebagai "rasis dan neo-kolonial," mengatakan bahwa ideologinya "menjadi semakin seperti totalitarianisme."

Putin berpendapat bahwa meskipun ada upaya oleh elit Barat untuk melestarikan tatanan dunia yang ada, perubahan itu “tidak dapat dihalangi.”

Putin telah lama mendiskusikan akhir dari dunia “unipolar”. Dia menjelaskan bahwa dunia “satu tuan, satu penguasa” tidak hanya merusak semua orang di dalam sistem, tetapi juga bagi penguasa itu sendiri. Dia menuduh AS mengabaikan "prinsip-prinsip dasar hukum internasional" dan menekankan bahwa "tindakan sepihak dan seringkali tidak sah" tidak pernah menyelesaikan masalah apa pun.

Gagasan tentang dunia "multipolar" juga telah didiskusikan di Barat, paling baru oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz.


 
RT/Zid
Tags: ,

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *