fbpx
Erdogan 'Mengajari' Pemimpin Barat Bagaimana Seharusnya Berurusan dengan Putin

Erdogan 'Mengajari' Pemimpin Barat Bagaimana Seharusnya Berurusan dengan Putin

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritik rekan-rekan Baratnya karena memiliki sikap yang salah terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin. 



“Anda tahu sikap politisi Barat terhadap Putin,” kata Erdogan kepada penyiar TRT saat wawancara pada Senin malam, menyebutnya “tidak pantas dalam politik.”

“Sikap yang Anda tunjukkan kepadanya adalah sikap yang akan Anda dapatkan sebagai balasannya,” jelas Erdogan.

Turki meski anggota NATO bisa bekerja sama dengan Rusia dalam berbagai masalah mulai dari proses perdamaian Suriah hingga kesepakatan untuk mengekspor gandum Ukraina melalui Pelabuhan Laut Hitam.

“Kami bertekad untuk mempraktikkan perjanjian ini,” kata Erdogan tentang kesepakatan biji-bijian, dengan mengatakan itu akan sangat membantu mengurangi ancaman krisis pangan global. Dia mendesak Rusia dan Ukraina untuk mematuhi apa yang mereka tandatangani di Istanbul.

Dalam konflik antara Rusia dan Ukraina, Turki tidak menganggap kedua pihak sebagai musuh, kata Erdogan. Turki tidak menjatuhkan sanksi terhadap Rusia, tetapi telah berbicara menentang operasi militer Rusia di Ukraina dan menjual drone tempur Kiev seperti Bayraktar TB-2.

Mengenai hubungan dengan Rusia, Erdogan mengatakan bahwa Turki fokus pada isu-isu “saling menguntungkan”, seperti proses perdamaian untuk negara tetangga Suriah. Sebagai bagian dari inisiatif 'Astana Three', pemimpin Turki itu bertemu dengan Putin dan Presiden Iran Ebrahim Raisi di Teheran awal bulan ini.

 

 
RT/Zid