fbpx
Rusia Dorong Poros Ekonomi 'Kemitraan Eurasia Raya'

Rusia Dorong Poros Ekonomi 'Kemitraan Eurasia Raya'

Promosi perdagangan bebas dan integrasi regional di seluruh Eurasia yang lebih luas dapat menjadi prioritas bagi kebijakan luar negeri Rusia untuk tahun-tahun mendatang, kata Aleksey Drobinin, yang merupakan ahli strategi senior di Kementerian Luar Negeri Rusia.



Gagasan di balik apa yang disebut Kemitraan Eurasia Raya (GEP) adalah untuk mendorong hubungan ekonomi antar-negara tanpa mengganggu kebijakan domestik mereka. Ini akan berfungsi sebagai "kontur kerangka kerja untuk integrasi ekonomi dan keamanan, yang akan terbuka untuk semua negara dan organisasi di Eurasia," menurut Drobinin.

“Nilai tambahnya akan menjadi hubungan yang harmonis dari proyek integrasi, strategi pembangunan nasional, rantai produksi dan logistik dan koridor transportasi energi,” tulisnya dalam artikel yang dilansir RussiaToday.

GEP pertama kali diusulkan oleh Presiden Vladimir Putin pada tahun 2015. 

Putin menyebut GEP “proyek peradaban besar” yang dimaksudkan untuk “mengubah arsitektur politik dan ekonomi seluruh benua, menjadi pelindung stabilitas dan kemakmuran yang akan menjelaskan keragaman model pembangunan, budaya, dan tradisi semua orang.”

 

 
RT/Zid
Tags: ,