fbpx
Dilema China, Industrinya Bergantung Semikonduktor Taiwan

Dilema China, Industrinya Bergantung Semikonduktor Taiwan

Sekarang 64 persen kebutuhan semikonduktor dunia, termasuk industri China, bergantung pada Taiwan. Bahkan untuk semikonduktor paling canggih Taiwan menguasai 92 persen pasokan global, menurut laporan Boston Consulting.
 

Taiwan mendominasi industri global untuk semikonduktor, komponen penting yang digunakan dalam segala hal mulai dari ponsel, komputer dan perangkat perbankan hingga mobil, pesawat terbang dan satelit.

Korea Selatan, produsen terbesar semikonduktor berikutnya, menguasai kurang dari seperlima pasar.

“Industri semikonduktor Taiwan sangat penting bagi perekonomiannya, mengingat Taiwan memposisikan dirinya sebagai pemimpin teknologi tinggi dan Revolusi Industri Keempat akan bergantung pada semikonduktor terdepan yang dapat dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Taiwan,” ujar James Lee, peneliti di Academia Sinica, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Industri semikonduktor juga penting untuk keamanan Taiwan karena meningkatkan kepentingan strategis Taiwan bagi negara lain, terutama Amerika Serikat dan Eropa Barat.”

Mengapa China membutuhkan semikonduktor Taiwan? Industri China pembeli 60 persen dari permintaan global untuk semikonduktor, menurut laporan Layanan Riset Kongres 2020.

Sekitar 90 persen dari kebutuhan China dipenuhi oleh impor terutama dari Taiwan.

Meskipun menggelontorkan miliaran dolar untuk mengembangkan industrinya, China hanya mampu menguasai kurang dari 10 persen pasar.

“China bergantung pada Taiwan karena meskipun perusahaan China dapat merancang semikonduktor tapi hanya memiliki kapasitas terbatas untuk memproduksinya,” kata James Lee.


Presiden China Xi Jinping menggambarkan ketergantungan pada teknologi Taiwan sebagai "bahaya tersembunyi terbesar" yang dihadapi negara itu dan berjanji untuk meningkatkan swasembadanya.

Di bawah inisiatif "Made in China", Beijing telah memutuskan untuk menginvestasikan $ 1,4 triliun antara tahun 2020 dan 2025 di industri teknologi tinggi termasuk semikonduktor.

Tapi tak mudah untuk membalap Taiwan.
 
 
 
Al Jazeera, ZidWorld

Tags: ,