fbpx
Jepang Marah, Lima Rudal China Menghantam Wilayahnya

Jepang Marah, Lima Rudal China Menghantam Wilayahnya

Lima rudal balistik yang ditembakkan oleh China jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, kata Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi (4/8). 

 
Itu membuat Jepang marah dan bersama AS bersiaga menghadapi China.

Rudal-rudal itu bagian dari latihan militer yang diluncurkan China untuk memprovokasi Taiwan dan AS.

Latihan militer China itu, yang terbesar di Selat Taiwan, termasuk penembakan ke perairan utara, selatan dan timur Taiwan, menaikkan ketegangan di daerah itu ke level tertinggi dalam 25 tahun.

Gedung Putih mengumumkan kapal-kapal perang dan pesawat tempur Angkatan Laut AS akan dihadirkan di Selat Taiwan, dari pangkalan militer di Jepang. 
 
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengutuk latihan militer China di daerah itu dan mengatakan Pentagon telah memerintahkan kapal induk USS Ronald Reagan dan kapal-kapal perang pengawalnya untuk berada di dekat Taiwan "memantau situasi."

USS Reagan dan kapal-kapal perang pengawalnya berbasis di Jepang dan dikerahkan ke Laut China Timur dalam beberapa hari terakhir, saat Ketua DPR Nancy Pelosi berkunjung ke Taipei. 

Di tengah ketegangan yang meningkat, Presiden AS Joe Biden memutuskan akan "bijaksana" untuk memerintahkan kapal induk AS tinggal di daerah itu "lebih lama dari yang direncanakan semula," menurut Kirby. 

“Kami tidak akan terhalang untuk beroperasi di laut dan langit Pasifik Barat, sesuai dengan hukum internasional, seperti yang telah kami lakukan selama beberapa dekade, mendukung Taiwan dan mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” katanya.
 
 
 
voa/rt/zid

Tags: