fbpx
Pertempuran Rusia-Ukraina di Pembangkit Nuklir Berisiko Bencana Besar

Pertempuran Rusia-Ukraina di Pembangkit Nuklir Berisiko Bencana Besar

Situasi makin tegang di sekitar pembangkit nuklir Zaporizhzhia, Ukraina, setelah mengalami serangan roket di dan sekitar pembangkit nuklir terbesar di Eropa itu.

 
Badan Energi Atom Internasional (International Atomic Energy Association/IAEA) mengatakan "risiko bencana nuklir sangat nyata" apabila pertempuran tidak berhenti.
 
Operator pembangkit nuklir itu melaporkan fasilitas itu berisiko meledak, setelah mengalami lonjakan roket di dan sekitar pembangkit nuklir terbesar di Eropa itu.
 
Para pejabat Ukraina menuduh pasukan Rusia menembakkan roket berulang kali ke fasilitas itu, mengancam bencana nuklir.

Pasukan Ukraina akan menarget tentara Rusia yang menembak ke arah atau dari pembangkit itu, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam pidatonya Sabtu (13/8) malam.

"Setiap tentara Rusia, baik yang menembaki pembangkit itu, atau menembak dengan berlindung di pembangkit itu, harus paham bahwa ia menjadi sasaran khusus agen-agen intelijen kami, pasukan khusus kami, dan militer kami," kata Zelenskyy.

Kedua pihak terus saling tuding melepaskan tembakan di dekat pembangkit itu, yang direbut Rusia pada Maret, tak lama setelah Rusia menginvasi Ukraina.
 
 
 
voa, zid

Tags:

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *