fbpx
Erdogan dan Sekjen PBB Berusaha Damaikan Rusia-Ukraina

Erdogan: Turki Siap Berperan Menyudahi Perang Rusia-Ukraina dengan Diplomasi dan Negosiasi

Setelah pembicaraan trilateral dengan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres di Lviv pada hari Kamis 18/8, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan kembali bahwa Turki berusaha bertindak sebagai mediator untuk mengakhiri konflik di Ukraina melalui diplomasi sesegera mungkin.



“Yang penting adalah menemukan cara terpendek dan paling adil ke meja perundingan,” kata Erdogan di kota Ukraina barat, seperti dikutip oleh kantor berita Anadolu. “Kami siap bertindak sebagai fasilitator atau mediator menuju tujuan menghidupkan kembali negosiasi berdasarkan parameter yang terbentuk di Istanbul.” Menurut Erdogan, dunia sudah merasakan “efek positif” dari kesepakatan ekspor biji-bijian yang ditandatangani di Istanbul pada 22 Juli.

Presiden Erdogan mengatakan Turki siap berkontribusi mengakhiri konflik Rusia-Ukraina melalui diplomasi dan negosiasi dengan mengundang Presiden Putin dan Presiden Zelensky untuk bertemu di Türki.

"Seperti yang saya katakan (Presiden Rusia Vladimir) Putin selama kunjungan saya ke Sochi, saya mengingatkan (Presiden Ukraina Volodymyr) Zelenskyy bahwa kami dapat menjadi tuan rumah pertemuan di antara mereka," kata Erdogan kepada wartawan di pesawat kepresidenan setelah satu hari kerja. kunjungan ke Ukraina.


Presiden Erdogan di pesawat kepresidenan


Erdogan, Zelenskyy, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres bertemu di kota Lviv Ukraina untuk membahas langkah-langkah untuk mengakhiri konflik Ukraina-Rusia melalui cara-cara diplomasi dan negosiasi.

Erdogan mengatakan dia telah bertemu secara terpisah dengan Zelenskyy dan Putin sejak serangan dimulai, menambahkan bahwa Türki akan membawa masalah ini ke Majelis Umum PBB pada bulan September.

"Pesan yang ingin disampaikan di sana sangat-sangat berarti. Pesan yang akan kita dan negara lain berikan di sana, sangat penting," ujarnya.

 

 

 

RT/TRT/ZID

Tags:

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *