fbpx
Thailand Luncurkan Visa Emas untuk Digital Nomad

Video: Gaya Hidup Pengembara Tajir Digital Nomad

Persaingan untuk menarik turis digital nomad dan para profesional teknologi digital bergaji tinggi di Asia Tenggara makin ketat. Thailand sekarang memperkenalkan fasilitas 'Visa Emas' dengan izin tinggal 10 tahun.



Skema visa baru Thailand yang disebut Visa Emas itu ditujukan untuk tenaga profesional yang bekerja di sektor teknologi dan para pekerja lepas yang disebut digital nomad. F


Narit Therdsteerasukdi, Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Investasi Thailand, memperkirakan setidaknya 50% dari pemohon untuk program Visa Tinggal Jangka Panjang (LTR) ini akan berasal dari Eropa.

Selama ini, Uni Eropa sudah mnenjadi investor terbesar kedua di Thailand setelah Jepang.

Para professional yang mendapat visa emas ini nantinya akan mendapat keringanan pajak dan hanya perlu membayar pajak 17%, setengahnya dari yang sekarang 35%.
 
Namun, untuk mendapatkan visa kerja ini ada persyaratannya. Yaitu gaji minimal harus di atas USD80.000 per tahun atau memiliki asset senilai 1 juta dolar dan menginvestasikan sedikitnya USD500.000 dalam ekonomi lokal atau pensiunan yang memiliki pemasukan terjamin.

Semua pemegang visa LTR akan mendapatkan izin kerja dan hak untuk masuk kluar Thailand. Visa ini berlaku selama 10 tahun dan bisa diperpanjang. Visa ini sekaligus berlaku untuk pemegang dan empat orang tanggungannya, misalnya seorang istri dan tiga orang anak.

Perusahaan yang mempekerjakan tenaga professional asing ini juga akan mendapat keringanan, misalnya dibebaskan dari undang-undang yang mengharuskan mereka untuk mempekerjakan empat warga negara Thailand per satu karyawan asing.
 
Bagaimana kehidupan Digital Nomad? Lihat videonya
deutsche welle

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *