fbpx
Arah Kolaborasi Politik Ketum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno dengan Anies Baswedan

Arah Kolaborasi Politik Ketum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno dengan Anies Baswedan

Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno mengatakan Anies Baswedan tidak mencalonkan diri sebagai capres, tapi jika koalisi parpol mencapreskan Anies, maka Pemuda Pancasila siap mendukung total.
 

Anies Baswedan mengomentari pidato Japto Soerjosoemarno: “Tadi saya mendengarkan pidato pak ketua, itu luar biasa, seperti profesor sejarah, profesor sosiologi, komparatif politik, semua dicampur jadi satu,” kata Anies dalam sambutannya pada acara Peresmian Kantor Baru Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila di Menteng, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Anies menilai pidato Japto layak untuk ditayangkan kepada seluruh kader untuk mengetahui dan paham tentang sejaran terbentuknya organisasi Pemuda Pancasila.

“Saya bilang sama Mas Japto tadi, Mas, itu rekamannya layak untuk ditonton anggota PP di seluruh Indonesia, supaya mengetahui sejarahnya dan kemudian tau bagaimana kedepannya dan meneruskan saja,” ujarnya.

Mencermati pidato Ketum Pamuda Pancasila itu, Anies berpendapat bahwa persatuan itu penting sebagaimana yang tercantum pada dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila yang sering kali dianggap abstrak.

“Tadi sudah disampaikan. Mas Japto cerita bagus sekali. Kita bicara Pancasila, kita bicara sesuatu yang seringkali dianggap abstrak padahal itu nyata,” katanya.

Anies Baswedan juga resmi menjadi anggota Pemuda Pancasila. Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Japto Soelistyo Soerjosoemarno menyatakan Anies bukan anggota kehormatan. "Dia menjadi anggota PP, bukan anggota kehormatan. Biasanya kalau pejabat kita kasih kehormatan tapi beliau mempunyai pandangan yang sama, visi, misi yang sama dalam ideologi, berketuhanan dan segala macam," kata Japto.

Anies Baswedan mendapat kartu anggota Pemuda Pancasila dengan nomor keanggotaan 0000007, menurut Japto: nomor keanggotaan Anies seperti film action James Bond.

Pemuda Pancasila menyatakan mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Dukungan itu disampaikan oleh Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Japto Soelistyo Soerjosoemarno.

"Tugas setiap anggota PP kalau ada kadernya mengajukan diri, maju untuk jadi Pileg, Pilpres, Pilkada. Prioritas utama adalah bagi kader. Ngapain pilih orang lain yang kita enggak tahu," kata Japto.

Menurut Japto, Anies tidak mencalonkan diri sebagai capres. Akan tetapi jika Anies dipilih oleh koalisi parpol sebagai calon presidan, maka Anies Baswedan siap. Pemuda Pancasila bakal mendukung total.

"Pak Anies enggak nyapres tapi kalau dipilih jadi presiden dia siap. Yang nyapres itu yang didukung oleh lebih dari 20 persen suara," ujarnya.

 

 
tempo, zidworld