fbpx
Turki Tolak Dukung Swedia Masuk NATO, Kata Erdogan

Turki Tolak Dukung Swedia Masuk NATO, Kata Erdogan

Tanpa menghormati Islam, Swedia tidak akan mendapat dukungan menjadi anggota NATO dari Türki, kata Presiden Erdogan. Turki adalah negara NATO dengan kekuatan militer terbesar kedua sesudah Amerika Serikat.


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan "Mereka yang menyebabkan aib seperti itu di depan kedutaan kami seharusnya tidak mengharapkan belas kasihan dari kami terkait permohonan keanggotaan NATO mereka," kata Erdogan setelah rapat Kabinet di ibu kota Ankara pada Senin.

 
Turki membatalkan menerima kunjungan menteri pertahanan Swedia yang ingin melobi dukungan Turki untuk keanggotaan NATO. Swedia membutuhkan dukungan Turki untuk masuk NATO. 

Pernyataan tajam Erdogan muncul setelah Rasmus Paludan, pemimpin sayap kanan Partai Stram Kurs (Garis Keras) Denmark, di bawah perlindungan polisi dan dengan izin dari pemerintah Swedia, pada hari Sabtu membakar salinan Alquran di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm.

Sebelumnya, Kepresidenan Urusan Agama Türki, Diyanet, mengumumkan rencana untuk mengambil tindakan hukum di luar negeri terhadap insiden tersebut.
 
TRT
Tags:

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *