Dewan Pers Panggil Sejumlah Media yang Sebar Berita 'AHY Karbitan Belum Matang'

Dewan Pers Panggil Sejumlah Media yang Sebar Berita 'AHY Karbitan Belum Matang'

Dewan Pers telah melakukan klarifikasi ke sejumlah media terkait kabar hoaks yang menyebut "AHY hanya Mayor TNI, karbitan, dan belum matang."


"Dalam klarifikasi yang dihadiri media-media terkait, Dewan Pers menemukan tidak ada proses klarifikasi dan verifikasi serta upaya uji informasi yang dilakukan oleh media-media tersebut," kata Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, dalam keterangannya, Rabu (6/9).

Ninik menyebut, pemanggilan itu berdasarkan laporan dari masyarakat dan temuan Dewan Pers soal pemberitaan Sudirman Said yang disebut sebagai berita hoaks. Dalam berita yang beredar itu, Sudirman Said disebut membeberkan alasan Anies menolak Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai cawapres.

Secara garis besar, ada dua tajuk utama yang mencatut nama Sudirman Said. Pertama adalah, "sikap emosional SBY ke Anies" sedangkan yang kedua menuding "AHY hanya Mayor TNI, karbitan, dan belum matang."

"Berita tersebut ternyata hoaks, karena Sudirman Said tidak pernah membuat pernyataan apa pun terkait hal itu untuk media," lanjut Ninik.

 

 
 
kmp, zid
ZIDWORLD © 2023 Designed By JoomShaper

Please publish modules in offcanvas position.

{{ message }}