Tren Rumah Mungil Ekologis Para Pecinta Alam

Tren Rumah Mungil Ekologis Para Pecinta Alam

Warga yang peduli lingkungan memulai tren rumah tinggal inovatif yang kecil dan "eco friendly" untuk kurangi jejak karbon. Ini beberapa contoh desain unik yang digagas pegiat gerakan rumah kecil ekologis di Eropa.



Rumah Hobbit

Rumah di Wales ini dibangun dari material yang ada di sekitar dan dari hutan setempat. Dinding, atap dan lantainya diisolasi jerami. Rumah dibangun dengan menggali dinding bukit dan ditutupi dengan rumput serta tanaman. Pembangunannya perlu waktu 4 bulan dan ongkos material senilai 3.000 Poundsterling.


Rumah Perahu

Mereka yang menyukai tinggal di atas air, rumah perahu seperti di kanal sungai Elbe di Hamburg ini bisa jadi pilihan utama. Dibangun di atas bargas terapung yang mengikuti naik turunnya permukaan air sungai. Rumah perahu ini walau kecil tergolong varian mewah jika dibanding dengan rumah dari perahu sebenarnya yang memenuhi kanal di Belanda.


Gerobak Sirkus

Di kalangan kaum gipsi sejak lama mentradisi hidup dalam gerobak sirkus seperti ini. Kini tempat Camping di Münsinger Jerman menawarkan gerobak sirkus sebagai alternatif rumah kecil yang juga ramah lingkungan dan mudah dipindah.


Perumahan Kontainer

Berlin menggagas perumahan bergaya industrial dari kontainer setelah kewalahan menghadapi permintaan pemukiman yang terus meningkat seiring naiknya populasi. Idenya membangun semacam pedesaan dari kontainer bekas terutama untuk kompleks pemukiman mahasiswa di pinggiran ibukota, agar harga sewanya terjangkau dan prinsip daur ulang juga diterapkan.


HomeBox

HomeBox adalah varian lebih mewah dari kontainer yang digagas di Hannover. Ukurannya sama dengan kontainer kapal laut, tapi dibuat dari kayu dan berdiri vertikal hingga seperti rumah berloteng. Kotak ini walau kecil interiornya berisi fasilitas rumah yang sebenarnya.


Rumah Pohon


Rumah pohon baik yang dibuat dari metal, kayu atau meterial lain mengklaim diri di pasaran sebagai rumah kecil ramah lingkungan atau eco-friendly. Tren membangun rumah pohon makin marak seiring meluasnya lagi hutan di Eropa. Bermukim di rumah pohon bisa "go green" sambil mengamati alam dari perspektif burung.


Rumah Kubus

LoftCube atau rumah kubus ini buatan desainer Jerman dan bisa dibangun dengan cepat di lahan sempit, baik di atas panggung perancah atau langsung di tanah. Rumah kecil ramah lingkungan ini dibuat dari bahan ringan dengan desain yang amat modern dan menarik.


Rumah Kebun

Secara tradisional rumah kebun di Eropa biasanya hanya digunakan saat musim semi dan musim panas untuk bersantai atau menyimpan peralatan berkebun. Kini rumah desain rumah kebun makin atraktif dengan ukuran beragam dari bahan ramah lingkungan dan bisa dibangun di lahan sempit kebun urban.

 
 

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *