Politik Sering Memecah Belah, Bisakah Politik Merukunkan Mempersatukan?

Politik Sering Memecah Belah, Bisakah Politik Merukunkan Mempersatukan?

Pengertian secara definitif Divide et Impera atau Politik pecah belah adalah kombinasi strategi politik, militer, dan ekonomi yang bertujuan mendapatkan dan memainkan kekuasaan dengan cara memecah belah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil sehingga lebih mudah ditaklukkan. 

 
Dalam konteks lain, politik pecah belah juga berarti mencegah kelompok-kelompok kecil untuk bersatu menjadi sebuah kelompok besar yang kuat.

Ada komunitas yang terus menerus berjuang, sementara di sisi yang lain bergerombol para pihak yang asyik menikmati bancakan hasil pengkhianatan. 
 
Lucunya, dengan enteng kita mengatakan semuanya akibat politik divide et impera. Selalu orang lain yang disalahkan dan bukan mengapa kita gampang diadu domba.

Ketika belajar sejarah, kita tidak pernah diberi kesempatan dicerahkan pemikiran kita untuk bertanya, “Mengapa dan Bagaimana Belanda mempraktikkan divide et impera?” 
 
Antropolog, sejarawan dan ilmuwan humaniora terbaik yang ada di Belanda tentunya dikerahkan untuk meneliti watak khas orang Indonesia sebelum Pemerintah Belanda mengimplementasikan sebuah kebijakan.

Tidak akan suatu kebijakan politik yang berhasil tanpa ada unsur pendukungnya, bagaimana pun baiknya suatu kebijakan politik kalau tanpa partisipasi politik maka akan gagal total. Dan sebaliknya, sejelek-jeleknya kebijakan politik tetapi kalau ada unsur pendukung yang menyukseskannya tentunya akan berjalan mulus. 
 
Politik divide et impera tidak akan sukses kalau tidak ada pihak-pihak yang ... begitu deh
Bagaimana realitas kita sekarang ini? 
 
 
Tags:

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *