Komunisme Sudah Berbulu Kapitalisme, Lihai Bicara Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi

Komunisme Sudah Berbulu Kapitalisme, Lihai Bicara Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi

Ideologi komunisme sudah ganti kulit seiring runtuhnya Tembok Berlin, bubarnya Uni Sovyet dan Pakta Warsawa. Negeri komunis kini lebih lihai bicara investasi dan pertumbuhan ekonomi ketimbang ideologi. 



Cina

Embahnya komunisme di Asia ini sekarang 'militan' memutar uang dan menggenjot ekonomi kapitalistik. Petinggi Partai Komunis di Beijing lebih panik saat ekspor anjlok dan konjungktur ekonomi turun, ketimbang saat Kongres Rakyat macet. Cina masih terapkan sistem satu partai, tapi justru dengan itu, dengan kediktatoran ala komunis terus memacu zona ekonomi istimewa di mana-mana untuk genjot ekspor.


Rusia

Biang komunisme Eropa ini menyadari runtuhnya ideologi yang digagas Karl Marx dan dikembangkan oleh Lenin dan Stalin seiring bubarnya Uni Sovyet. Pemimpin Rusia saat ini, Vladimir Putin tidak lagi banyak bicara soal ideologi, melainkan lebih menekankan ekpsor migas, penjualan senjata dan berebut hegemoni kekuatan global.


Vietnam

Negara Asia Tenggara yang masih mengusung ideologi komunisme ini, sudah sejak dua dasawarsa banting setir mengutamakan pertumbuhan ekonomi. Komunis Vietnam digdaya pada tahun 70-an dengan menumbangkan kekuatan Amerika. Namun tahun 90-an menyadari, kemakmuran dan ekonomi lebih penting dibanding ideologi.


Korea Utara

Satu-satunya negara Asia yang diyakini masih setia pada ideologi komunisme adalah Korea Utara. Tapi Kim Jong Un kini lebih tertarik pada permainan kekuasaan global, dengan ancaman senjata nuklirnya ketimbang penguatan ideologi. Politik dinasti Kim kini kelihatan jauh lebih penting dari komunisme.


Kuba

Komunisme di Kuba pelan-pelan sekarat bersama lengsernya Fidel Castro. Penerusnya yang juga adiknya Raul, lebih membuka diri untuk pertumbuhan ekonomi. Pelan tapi pasti Kuba membuka pasarnya dan berfokus pada kepentingan ekonomi ketimbang ideologi. Rakyat sudah muak dengan kemiskinan dan pembodohan selama 5 dasawarsa diktatur komunis.
 
 
dw/zid
Tags:

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *