Theremin, Alat Musik Paling Unik di Dunia Besutan Ahli Fisika

Theremin, Alat Musik Paling Unik di Dunia Besutan Ahli Fisika

Theremin tampak seperti instrumen musik dari dunia lain. Musiknya seolah disulap dari ketiadaan, nadanya diatur oleh gerakan tangan dan jari yang seakan menghipnotis di udara.



Theremin adalah satu-satunya alat musik yang dikontrol sepenuhnya tanpa kontak fisik.

Diciptakan 100 tahun yang lalu, sekitar 1920 oleh fisikawan Rusia Lev Sergeyevich Termen - yang kemudian dikenal sebagai Léon Theremin.

 



Lahir pada tahun 1896 di St Petersburg, ia sudah menunjukkan kemampuan sejak kecil.

Konon dia bisa membongkar dan memasang kembali jam tangan dan barang-barang mekanis lainnya pada usia tujuh tahun dan membangun sebuah observatorium astronomi pada usia 15 tahun.

Pada 1920, ia menemukan mesin yang menggunakan teknologi gelombang radio model baru untuk mengukur beberapa sifat gas.

Namun, dia menemukan peralatannya mengeluarkan nada melengkung yang aneh, yang bisa dia kendalikan dengan menggerakkan tangannya di sekitar peralatan.

Sebagai seorang pemain cello terlatih, Theremin menyadari potensi penemuannya dan dia berupaya untuk membuat alat musik yang sama sekali baru.

 

Theremin mendemonstrasikan instrumennya di Kremlin untuk Vladimir Lenin pada tahun 1922 dan di Berlin untuk Albert Einstein pada tahun 1927, sebelum memukau penonton di seluruh dunia pada akhir 1920-an.

 
Alat musik elektronik pertama di dunia ini menginspirasi pengembangan teknologi suara yang mengarah pada penemuan synthesizer modern oleh Robert Moog, yang mengubah lanskap musik.
 
Tapi memainkan instrumen Theremin sangat sulit karena tanpa patokan kunci nada, mengandalkan kepekaan hati yang tinggi, itu sebabnya hingga kini sangat langka yang mahir memainkannya.
 

Norman Miller BBC Culture

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *