fbpx
Tidak Ada Isu Radikal Radikul dalam Dinamika Politik di Turki

Tidak Ada Isu Radikal Radikul dalam Dinamika Politik di Turki

Jumlah Muslim di Turki adalah sekitar 99% dari keseluruhan populasi lebih dari 83 juta jiwa, dan di negara itu terdapat lebih dari 80.000 masjid. Tetapi Islam di Turki bercampur dengan berbagai macam ideologi.

 

Orang Turki pada umumnya tidak terlalu fanatik atau genit pada simbol keagamaan. Juga tidak ada isu radikal radikul.


"Di Turki, pengaruh dari Barat, sekularisme, gabungan dengan Islam moderat, 99% mayoritas itu tidak juga terasa di situ," kata Fahmi Aris Innayah, staf Kedutaan Besar RI di Ankara, kepada BBC.

"(Tetapi) Agenda Islam bagi dukungan politik Turki itu memang cukup signifikan, kalau dari sisi peran Turki yang ingin bertindak sebagai pemimpin untuk negara-negara Islam. Memang kenyataannya saat ini dalam kepresidenan OKI, Turki sangat aktif untuk membela kepentingan Islam di seluruh dunia," ujar Fahmi melanjutkan.

Sitti Aisyah, mahasiswi S3 jurusan Filsafat di Universitas Ankara, mengungkapkan, "Orang di Indonesia melihat Turki, Erdogan seorang yang sangat Islam. Tetapi di Turki karena 99% dikatakan Muslim tetapi mereka tidak mau terjebak pada pandangan dikotomis Islam dan non-Islam," kata Sitti Aisyah.



"Misalkan mereka Muslim tetapi sekuler, mereka Muslim tetapi liberal yang mendukung demokrasi. Isu-isu Islam itu tidak terlalu begitu di sini," Sitti Aisyah menegaskan.

Mardani Ali Sera politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang telah mengamati pemilihan umum di Turki, mengatakan Islam di Turki adalah Islam "substantif".

"Saya justru bertemu dengan, maaf nih ya, para pelacur yang mendukung AKP (Partainya Erdogan). Saya ketemu dengan anak-anak muda yang punk yang mendukung AKP. Jadi buat saya justru saya belajar, kami belajar bagaimana AKP ini mampu membungkus sebetulnya Islam substantif," tutur Mardani.

 


"Islam itu artinya kesejahteraan. Islam itu artinya keadilan. Islam itu artinya semua orang punya hak untuk memilih sesuai dengan kebebasannya," kata Mardani.

THE HISTORY OF TURKEY

 

BBC, ZWorld

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *