Bakteri di Usus Memicu Gejala Depresi, Ini Beberapa Makanan Pengobatnya

Bakteri di Usus Memicu Gejala Depresi, Ini Beberapa Makanan Pengobatnya

Dari laporan jurnal Nature Communication, terungkap bahwa ternyata bakteri dalam usus berperan dalam memengaruhi munculnya gejala depresi pada seseorang.


Studi yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Institut Penelitian Kesehatan Digesti Keluarga di McMaster University tersebut menemukan: bahwa ada mikrobiota dalam usus yang menyebabkan adanya perubahan sikap yang menuju kepada gejala awal stress dan depresi.

Mungkin itu sebabnya orang yang rajin berpuasa cenderung terhindar dari depresi, karena puasa adalah cara alami membersihkan usus. Lalu juga tidak sembarang melahap makanan.

Berikut ini beberapa asupan yang dapat membersihkan usus yang kotor:

1. Bawang putih


Bawang putih diketahui mematikan parasit dari usus. Ia memiliki kandungan antibakteri, yang menghambat pertumbuhan jamur dan virus. Bawang putih juga memiliki manfaat tambahan yang membantu meningkatkan perkembangan bakteri baik di dalam usus.

2. Kelapa


Buah ini juga diketahui dapat membantu membunuh parasit dari saluran pencernaan. Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah (kaprilat, kaprat, dan asam laurat) yang merupakan kandungan antijamur, bermanfaat untuk mengobati infeksi jamur di organ sistem pencernaan.

3. Lidah buaya


Lidah buaya memiliki racun dan pembersih alami yang membantu usus mempertahankan fungsi pencernaan sehat. Lidah buaya juga memiliki pencahar alami, membuatnya bermanfaat bagi orang yang rentan terhadap sembelit karena mampu menghilangkan racun dan parasit dari usus secara efektif.

4 Serat dan probiotik


Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi serat seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sementara probiotik penting dikonsumsi untuk mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam usus. Probiotik bisa didapat dari yoghurt dan miso.


5. Banyak minum air putih


Salah satu cara untuk membuang racun dalam tubuh adalah dengan minum banyak air putih. Dengan minum banyak air putih, minimal 8-10 gelas setiap hari akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi selama proses pembersihan usus.


 

National Geographic - Medical Xpress, phys.org

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *