Psikologi Transpersonal yang Mengintegrasikan Aspek Spiritual dan Transenden Pengalaman Kita

Psikologi Transpersonal yang Mengintegrasikan Aspek Spiritual dan Transenden Pengalaman Kita

Jika Sigmud Freud berhenti pada tesis kesimpulan bahwa dorongan paling mendasar dari setiap manusia adalah ”kehendak untuk kenikmatan” dan Alfred Adler sampai pada rumusan kesimpulan bahwa yang menjadi dorongan mendasar manusia adalah ”kehendak untuk berkuasa”, Viktor Frankl menyingkap lebih jauh dengan tesis kesimpulan bahwa dorongan terdalam manusia bukanlah ”kenikmatan” ataupun ”kekuasaan” tetapi ”kehendak untuk mendapatkan makna”.


Menurut Frankl, ”makna” merupakan entitas yang harus ditemukan dan bukan sesuatu yang diberikan. Makna mempunyai sifatnya yang ’imanaen’ dan ’idependen’ dari pikiran manusia. Jadi, makna sudah hadir di sana dan siap ditemukan. Bagaimana ’makna’ ini kemudian ditemukan? Melalui tiga cara yaitu: melalui nilai-nilai yang dialami, melalui penciptaan nilai-nilai realistik, dan melalui tindakan yang memiliki nilai-nilai hidup.

Dunia psikologi telah melangkah lebih jauh dengan kehadiran teori Psikologi Transpersonal

Psikologi Transpersonal adalah psikologi yang mengintegrasikan aspek spiritual dan transenden pengalaman manusia dengan kerangka psikologi modern. Hal ini juga memungkinkan untuk mendefinisikannya sebagai "psikologi spiritual". Transpersonal didefinisikan sebagai "pengalaman di mana rasa identitas atau diri melampaui (trans) individu atau pribadi mencakup aspek-aspek yang lebih luas dari umat manusia, kehidupan, jiwa atau kosmos". Ini juga telah didefinisikan sebagai "pengembangan di luar tingkat konvensional, pribadi atau individu".

Dalam psikologi transpersonal mencakup pengembangan diri secara spiritual, self melampaui ego, pengalaman puncak, pengalaman mistis, perluasan luhur dan atau perluasan yang luar biasa.

Psikologi transpersonal dalam perkembangan mutakhir telah membuat beberapa kontribusi ke bidang akademik, dan studi perkembangan manusia, kesadaran dan spiritualitas. Psikologi transpersonal juga telah memberikan kontribusi pada bidang psikoterapi dan psikiatri.

 


Zid

Bagikan Via Line, WhatsApp, Twitter, Facebook

 

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *