Riset: Bobok Siang Tingkatkan Kinerja Otak, Ini Penjelasannya

Riset: Sejenak Bobok Siang Tingkatkan Kinerja Otak, Ini Penjelasannya

Penelitian membuktikan bagaimana tidur siang dapat membuat otak seseorang makin kreatif & produktif. Profesor Jim Home dari Loughborough University mengatakan tubuh manusia sebenarnya dirancang untuk tidur tidur dua kali sehari; siang hari dan malam hari.


Regenerasi sel, hormon dan fungsi jantung

Tidur siang membantu perbaikan sel, hormon dan bahkan menyehatkan fungsi jantung. Tidur siang juga dapat membantu Anda hidup lebih lama, terlihat lebih muda dan tetap lebih fit dan aktif. Tidur siang meningkatkan kewaspadaan, retensi memori dan mendongkrak kreatitas.

Tidur siang meningkatkan kinerja otak

Tidur siang membantu untuk membersihkan memory sementara otak, sehingga otak siap menerima dan menyimpan informasi baru, demikian penelitian yang dipimpin Dr Matthew Walker, asisten profesor psikologi di University of California. Tidur siang sekitar satu jam bisa menyegarkan pikiran, mengembalikan kinerja otak dan membuat lebih pintar. Inilah kesimpulan risetnya..

Metode riset tidur siang

39 orang muda & sehat dibagi menjadi dua kelompok: tidur siang dan kelompok tidak tidur siang. Masing-masing mendapat tugas yang mengharuskan mereka pertahankan banyak informasi dan fakta. Tugas pertama dilakukan jam 12.00 siang. Jam 14.00, kelompok tidur siang tidur sekitar 1,5 jam. Para peserta tidak tidur siang tetap terjaga. Lalu keduanya mengerjakan tugas pukul 18.00

Hasil studi tidur siang

Untuk tugas pukul 18.00, kelompok tidur siang mencapai hasil lebih baik dibanding kelompok yang tetap terjaga sepanjang hari. Mereka juga lebih baik mengerjakannya dibanding tugas pukul 12.00 siang. Proses tidur siang membersihkan penyimpanan memori jangka pendek sehingga peserta tidur siang bisa menyerap lebih banyak informasi baru.

Hippocampus mirip inbox email

Penelitian menunjukkan bahwa hippocampus menyimpan ingatan sementara berdasarkan fakta. Hippocampus kemudian mentransfer ingatan ini ke korteks prefrontal otak. Fungsi hippocampus mirip inbox email, jadi jika kepenuhan, Anda perlu tidur untuk mengosongkannya. Jika Anda tidak tidur, kotak email itu akan penuh dan tidak akan dapat menerima email berupa informasi baru.

Tidur siang membangun kreativitas


Sisi kanan otak adalah area yang berhubungan dengan kreativitas. Otak kanan "membersihkan" dan mengkonsolidasikan ingatan saat orang tidur siang. Tidur siang memberi efek positif pada otak dengan berbagai cara. Tidak hanya meningkatkan kinerja otak tapi juga merangsang kreativitas dan mengkonsolidasikan ingatan. Jadi jika kurang fokus atau tak produktif, cobalah tidur siang singkat.

 

 

 

 

DWnesia

Bagikan Via WhatsApp, Twitter, Facebook

 

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *