Ini 8 Makanan untuk Penguat Otak Kita

Ini 8 Makanan untuk Penguat Otak Kita: Bayam, Brokoli, Tomat dan Lainnya

Otak memiliki tugas yang rumit mengatur ribuan fungsi tubuh. Untuk itu, diperlukan asupan nutrisi yang tepat guna meningkatkan kekuatan otak. Berikut, 8 makanan untuk meningkatkan kekuatan fungsi otak.


Bayam


Bayam kaya kalium, yang bisa membantu merawat konektifitas otak, meningkatkan daya fikir dan daya ingat. Bayam juga kaya akan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Bukan hanya itu, bayam juga mengandung magnesium, folat, vitamin E dan vitamin K, yang membantu menurunkan risiko demensia, yakni penurunan fungsional yang disebabkan kelainan pada otak.

Brokoli

Jenis sayuran ini membantu memicu pertumbuhan sel-sel baru di otak serta menghubungkan sel-sel secara alami sehingga bisa meningkatkan fungsi dan memori otak. Mengkonsumsi semangkuk brokoli tiga kali seminggu merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kekuatan otak.

Kenari

Kenari mujarab untuk membantu meningkatkan kekuatan otak karena mengandung asam lemak omega-3 tertinggi dibanding jenis kacang-kacangan lainnya. Omega-3 bisa melindungi otak karena meningkatkan fungsi neurotransmitter.

Tomat

Tomat adalah buah yang paling mudah ditemui dan bisa meningkatkan kekuatan otak karena mengandung sumber antioksidan dan lycopene yang bisa mengatasi kerusakan radikal bebas pada sel-sel otak yang bisa menyebabkan demensia. Mengkonsumsi tomat setiap hari bisa mendorong memori otak lebih tajam.

Cokelat Hitam

Makanan ini mengandung antioksidan terbaik bagi tubuh, termasuk otak. Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Sebuah penelitian yang dilakukan Wheeling Jesuit University di West Virginia membuktikan cokelat hitam bisa meningkat konsentrasi. Untuk meningkatkan kekuatan otak, tambahkan sedikit cokelat hitam pada makanan sehari-hari.

Blueberry

Mengkonsumsi blueberry bisa membantu otak lebih tajam karena buah ini mengandung flavonoid. Buah ini juga bisa meningkatkan memori, fungsi kognitif otak, melindungi otak dari radikal bebas berbahaya, yang bisa merusak jaringan otak dan sering dikaitkan dengan hilangnya memori. Mengkonsumsi blueberry setiap hari bisa mengurangi risiko Parkinson dan Alzheimer.

Ikan Salmon

Otak manusia terbuat dari 60 persen lemak. Dengan begitu, dibutuhkan asupan lemak asam agar otak bisa berfungsi baik. Ikan salmon kaya akan omega 3, yang bisa meningkatkan kekuatan otak dan mengandung asam docosahexaenoic (DHA) yang bisa mencegah penyakit Alzheimer.

Teh Hijau

Penelitian yang dilakukan tim riset dari University of Basel menemukan teh hijau bisa meningkatkan fungsi konektifitas otak, mencegah demensia dan bisa meningkatkan memori otak bahkan mengurangi risiko penyakit parkinson. Minum teh hijau 2 cangkir hingga 3 cangkir tanpa gula untuk merasakan manfaatnya.

 

 

Bagikan Via WhatsApp, Twitter, Facebook

 

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *