Studi: Mencari Solusi Masalah Rumit dengan Tidur

Studi: Mencari Solusi Masalah Rumit dengan Tidur

Share

Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid terkenal doyan tidur. "Kalau pikiran mentok ngurusin masalah rumit, caranya ya tidur," ujarnya, "gitu aja kok repot."


Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Universitas Lancaster, Inggris, membuktikan: 
Jika merasa sulit untuk menyelesaikan masalah, caranya dengan tidur nyenyak bisa membantu Anda mencari cara yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut, ketika terbangun.

 
Studi itu melibatkan empat grup responden. Masing-masing grup diminta menyelesaikan teka-teki tertentu. Setengah dari teka-teki itu memiliki tingkat kesulitan mudah, namun setengahnya lagi sulit.

Grup pertama diberikan teka-teki pada malam hari dan mencoba memecahkannya ketika terbangun di pagi hari. Grup kedua memahami teka-teki itu pada pagi hari, dan menyelesaikannya pada malam hari. Grup ketiga langsung coba menyelesaikan teka-teki itu di pagi hari tanpa ada jeda waktu. Sementara itu grup keempat, langsung memecahkan teka-teki tersebut seketika itu juga, di malam hari.

Grup mana yang mampu memecahkan teka-teki dengan hasil terbaik? Setelah melakukan percobaan, para peneliti akhirnya menyimpulkan, grup kedua mencatatkan hasil paling efektif. Namun, dalam memecahkan masalah yang sulit, grup pertama yang tidur dulu sebelum menyelesaikan masalah dan memecahkaannya di pagi hari, lebih mampu menghasilkan jawaban teka-teki terbaik.

Hal ini menunjukkan, dengan manfaat tidur, para partisipan mendapatkan waktu berpikir di dalam tidurnya. Sehingga, otak mereka mampu menyelesaikan masalah sulit lebih baik di pagi hari. Penelitian ini mampu memberikan penjelasan mengenai cara meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Jika memang Anda dihadapkan dengan masalah yang sulit, jangan terburu-buru menyelesaikannya. Sebaiknya, istirahatkan badan dan pikiran dengan tidur, dan kembali lagi keesokan harinya dengan “persiapan” lebih baik. Ini menjadi bukti, bahkan ketika sedang beristirahat atau tidur, otak tetap mampu meraih hal-hal baik, yang berdampak positif pada Anda. Jangan anggap bahwa otak “menganggur” saat Anda tidur. Justru, otak melakukan banyak hal-hal yang bisa berdampak baik untuk tubuh.

1. Melakukan pembersihan

Ketika seseorang terbangun dari tidur dan mengatakan bahwa pikirannya sudah jernih kembali, hal ini benar adanya. Memang ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini. Sebuah penelitian pada hewan uji yang dilakukan University of Rochester Medical Center, Amerika Serikat, membuktikan bahwa otak mengaktifkan “sistem pembuangan limbah” ketika Anda tertidur pulas.

Selain itu, cairan otak atau serebrospinal dipompa lebih cepat ke seluruh otak saat Anda tertidur, yang merilis detritus molekuler, untuk mencegah Alzheimer dan demensia.

2. Mencerna pelajaran

Saat mata Anda tertutup rapat ketika tidur pulas, otak ternyata bekerja keras untuk “memindahkan” informasi jangka pendek serta peristiwa terkini ke dalam memori jangka panjang. Inilah sebabnya, aktivitas tidur memainkan peran penting dalam pembelajaran, karena tidur bisa membuat otak mencerna pelajaran. Dalam kasus penyelesaian masalah, di saat seseorang telah membaca teka-tekinya sebelum tidur, maka otak akan memprosesnya. Jadi setelah bangun, Anda bisa memecahkan teka-teki tersebut dengan hasil terbaik.

Seorang profesor dari Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat juga menegaskan, jika Anda akan menghadapi sebuah masalah atau ujian, lebih baik tidur dulu.

3. Mengembalikan energi tubuh

Otak dan tubuh Anda butuh tidur nyenyak di malam hari untuk bisa beraktivitas seharian penuh di keesokan hari. Jika otak Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, jangan heran kalau Anda bisa cepat lapar. Sebab, kurang tidur bisa meningkatkan produksi hormon ghrelin, yang membuat Anda merasa laparr

4. Membantu menentukan pilihan

Otak mampu memproses masalah sulit dalam hidup Anda, seperti memilih satu dari dua pilihan yang membuat Anda galau atau dilema. Tidurlah, dan buatlah keputusan yang lebih tepat di pagi hari.

Ketika mengetahui yang dilakukan otak saat Anda tertidur, tidak heran, kemampuan menyelesaikan masalah bisa meningkat keesokan harinya. Maka dari itu, tidurlah yang cukup, agar Anda bisa menghadapi hari-hari dengan percaya diri, dan mampu menyelesaikan segala masalah dalam kehidupan.
 

 

 

 

SehatQ - Tempo - ZAMANe

Bagikan Via WhatsApp, Twitter, Facebook

© 2018 Zamane.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *