Saya Dulu Minum Alkohol, Main Perempuan, dan Itu Semua Hanya Membuat Saya Hampa

Saya Dulu Minum Alkohol, Main Perempuan, dan Itu Semua Hanya Membuat Saya Hampa

By Shamoon Hafez BBC Sport at Emirates Stadium

Hampir jam 6 pagi di sebuah hotel di London ketika Sonny Bill Williams selesai salat Subuh dan duduk berdoa di atas sajadahnya. Sesudah itu ia bertutur:


"Ketika saya mengangkat kedua telapak tangan saya setelahnya, saya meminta: 'Ya Allah, tuntunlah saya. Kuatkan saya. Bantulah saya menjadi manusia yang lebih baik. Bantulah saya menjadi laki-laki yang lebih baik'," tuturnya.

"'Saya tahu saya memiliki kelemahan, tapi kuatkanlah saya. Ampunilah dosa-dosa saya. Ya Allah, berkatilah orang-orang terdekat saya dan mereka yang ada di sekeliling saya. Jagalah mereka, terutama anak-anak. Rendahkanlah hati kami dan buat kami selalu bersyukur'."

Ini adalah tahun ke 11 semenjak Williams masuk Islam - ketika ia bermain untuk tim Toulon di Prancis - setelah satu masa dalam hidupnya di mana ia pernah "liar dan berdiri di sisi spektrum yang lain" dari posisinya saat ini.

Williams berprestasi di empat cabang olahraga: dua Piala Dunia rugby bersama Selandia Baru; bermain rugby sevens di Olimpiade 2016; memenangkan sejumlah trofi National Rugby League (NRL) di cabang liga rugby; dan menjadi jawara pertandingan tinju kelas berat Selandia Baru.

Williams adalah sosok tinggi besar - tinggi 193 sentimeter, berat 110 kilogram - yang mendominasi dalam ruangan. Akan tetapi, sosoknya itu berbanding terbalik dengan karakternya yang sederhana dan bertutur lembut.

 


"Dengar, saya dulu main perempuan. Saya minum alkohol, boros dan mengira saya adalah seseorang yang bukan diri saya. Saya menjalani kehidupan itu dan, menurut pengalaman tersebut, apa yang saya dapatkan? Lubang dan kehampaan dalam hati saya."

"Butuh beberapa tahun untuk berproses, tetapi saya menemukan Allah, saya menemukan Islam dan itu memungkinkan saya mengubah semua sifat liar dalam diri ini menjadi hal positif."

"Bagi saya, saya bangga menjadi Muslim, wow ini adalah hal yang sangat indah."

 
Sumber: BBC News

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *