Enam Makanan Rendah Karbohidrat untuk Kurangi Berat Badan

Enam Makanan Rendah Karbohidrat untuk Kurangi Berat Badan

Share

Menurunkan jumlah karbohidrat dalam makanan sehari-hari bermanfaat untuk mengurangi bobot tubuh. Selain itu, sebagai terapi terhadap penyakit tertentu, dan menjaga kesehatan secara umum.


Terong


Karbohidrat bersih (net carb) pada 100 gram terong jumlahnya 6 gram. Terong lezat karena menyerap segala rasa bahan masakan lainnya dan bumbu yang dibubuhkan. Terong bisa ditumis, dibakar, atau seperti pada foto: isinya dipotong dan ditumis dengan bahan lain, kemudian bagian luarnya digunakan sebagai wadah yang bisa dimakan.

Brokoli

Dalam setiap 100 gram brokoli terdapat 7 gram karbohidrat yang bisa digunakan tubuh untuk menghasilkan energi. Brokoli bisa dimasak atau disantap mentah. Brokoli juga kaya vitamin C, vitamin K dan serat.

Alpukat

Jumlah net carb atau karbohidrat bersih dalam 100 gram alpukat adalah 8,5 gram. Yang istimewanya juga, jumlah serat dalam alpukat sangat tinggi. Patut dicatat pula, alpukat kaya lemak sehat. Di Indonesia alpukat biasanya dimakan manis. Di Eropa, alpukat kerap dicampur dalam hidangan selada.

Jamur

Net carb dalam 100 gram jamur adalah 3 gram. Jamur juga mengandung potasium dan dan sejumlah vitamin B. Jamur bisa dicampur dalam berbagai masakan sayur dan ditumis. Di Eropa, jamur kerap dijadikan sup. Atau dicampur dalam telur dadar.

Buncis

Jumlah karbohidrat bersih dalam 100 gram buncis adalah 7 gram. Buncis juga kaya protein, vitamin C, vitamin K, magnesium dan potasium.

Paprika

Setiap 100 gram paprika mengandung net carb sejumlah 6 gram. Paprika juga kaya serat dan antioksidan. Selain itu paprika kaya vitamin C, terutama yang berwarna merah. Seperti terong, paprika yang dibuang bijinya, bisa diisi dengan daging atau makanan lain, kemudian direbus bersama-sama atau dipanggang.

 

 


Sumber: DWnesia, medicalnewstoday, healthline, dietdoctor

Bagikan Via WhatsApp, Twitter, Facebook

© 2018 Zamane.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *