fbpx
Tips Ilmuwan Cara Praktis Tingkatkan Vitalitas dan Imunitas

Tips Ilmuwan Cara Praktis Tingkatkan Vitalitas dan Imunitas

Sistem ketahanan tubuh adalah mekanisme yang efektif untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit. Berikut ini cara untuk menjaga daya imun kita tetap dalam kondisi optimal.


Mandi air panas dan dingin

Mandi dengan guyuran air bergantian antara air panas (hangat) dan dingin saat mandi dapat mengatur dan memperbaiki temperatur tubuh dan kelancaran aliran darah.

 

Peneliti IPB dan UI menyatakan kulit jeruk mengandung Hesperidin yang bisa melawan virus
 

Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University telah melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan berbagai jenis virus berbahaya.

"Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus," kata Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara.

"Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk. Jadi kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah kulit jeruk yang sudah dicuci bersih. Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya,” ujar Irmanida.

Bisa membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya. Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh kita. Jangan lupa jeruknya dicuci bersih terlebih dahulu.

“Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya,” tambahnya.


Hindari stress

Stress menstimulasi adrenalin dan cortisol. Hormon-hormon ini dapat memberhentikan sistem imun. Stress dari kesibukan sehari-hari memang sulit untuk dihindari, namun dengan manajemen waktu yang baik, kita juga memberikan waktu pada tubuh untuk istirahat dan untuk mendapatkan energi baru. Meditasi dan relaksasi juga secara signifikan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa dalam pikiran yang sehat dan adanya semangat menjalani hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tertawa dan berkumpul dengan orang-orang yang kita senangi tidak hanya menambah kualitas hidup, ini juga berperan dalam menyehatkan pikiran kita.

Tidur berkualitas

Tidur cukup tidak hanya membiarkan tubuh untuk istirahat dan pulih dari keseharian yang padat. Dalam tidur kita, kita biasanya mencapai fase tertidur dengan nyenyak dan dalam, dimana tubuh akan memberikan sinyal ke sistem imun untuk bekerja dengan optimal pada saat ini. Bila kita kekurangan tidur, tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk regenerasi sistem imun.

Olahraga jalan kaki 

Penelitian ilmiah menyarankan, dengan menjaga otot kita tetap bergerak secara rutin jogging atau jalan-jalan di taman minimal 3 kali seminggu selama setidaknya 20 menit. Porsi yang cukup dalam berolahraga juga harus diperhatikan. Terlalu banyak tentunya juga tidak baik.

 

 

Deutsche Welle - ZAMANe