fbpx
Ngomongnya ke Kanan tapi Langkahnya ke Kiri

Ngomongnya ke Kanan tapi Langkahnya ke Kiri

Doktrin perancang propaganda Nazi/Hitler, Joseph Goebbels, yang paling sohor: “Kebohongan secara terus-menerus dan sistematis akan berubah menjadi (seolah-olah) kenyataan” -- Namun, jauh sebelumnya Abraham Lincoln pernah mengatakan bahwa tidak ada manusia yang sanggup mengingat (semua omongannya) dengan baik untuk bisa menjadi pembohong yang sempurna.


Ada lagi cara: Mengelabui publik dengan ''menyatakan sesuatu yang benar'' tapi sikap dan perbuatannya berlawanan dengan omongannya. Itu sebabnya muncul istilah 'paltering' atau mempermainkan kebenaran.
 
Kebohongan jenis ini membuat batas antara kebenaran dan kebohongan menjadi abu-abu. 
 
Saat peneliti perilaku dari Harvard Kennedy School, Todd Rogers dan koleganya berusaha mencari tahu seberapa sering penguasa/politikus mengelak pertanyaan, mereka sadar ada persoalan lain yang muncul.

Dengan berkata (seakan) benar di fakta yang lain, mereka bisa lari dari tuntutan menjawab sebuah pertanyaan. Mereka bahkan bisa mengatakan sesuatu itu benar padahal tidak. Selalu seperti itu, kata Rogers. Dia dan koleganya kemudian berusaha menggali lebih jauh.

Dia mendapati bahwa 'paltering' atau mempermainkan kebenaran ternyata juga jadi taktik negosiasi politik. Penelitian itu pun menemukan bahwa orang yang mempermainkan kebenaran cenderung meyakini bahwa itu lebih etis daripada terang-terangan berbohong.

"Mungkin mereka akan terlalu sering mempermainkan kebenaran, buat mereka hal itu etis saja, tapi bagi yang berakal sehat melihatnya sebagai sebuah kebohongan yang lebih mengerikan,'' kata Rogers.

Dan walaupun faktanya kita sekarang sering mendengar kebohongan dari para penguasa, tetap sulit memergoki mereka saat mereka sedang berbohong kalau mereka berbohong dengan cara mempermainkan fakta.

Psikolog Robert Feldman, penulis The Liar in Your Life, melihat hal ini sangat mengkhawatirkan di level yang makro, bisa merusak sebuah bangsa dan negara. 
 
 

 

Melissa Hogenboom BBC Future, Anita Fransiska @ZamaneWorld

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *