fbpx
Ini 5 Makanan untuk Menurunkan Gula Darah Tubuh

Ini 5 Makanan untuk Menurunkan Gula Darah Tubuh

Berbicara tentang diabetes, ada satu kondisi yang selalu mengiringinya, yaitu kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh. Kondisi ini yang umumnya dialami oleh pengidap diabetes.



Ingat, kadar gula darah yang tinggi bisa berujung fatal. Mulai dari memicu diabetes, gagal ginjal, hingga penyakit kardiovaskular. 


Berikut beberapa makanan yang bisa menurunkan gula darah tubuh.

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang bisa menurunkan gula darah. Makanan ini kaya serat dan rendah indeks glikemik. Di samping itu, kacang-kacangan juga mengandung protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, dan nutrisi lainnya, termasuk:

  • Vitamin antioksidan;
  • Fitokimia, seperti flavonoid;
  • Mineral, termasuk magnesium dan kalium.

Menurut studi sistemik menyimpulkan, kacang-kacangan bermanfaat bagi pengidap diabetes. Hal yang perlu diingat, kacang-kacangan yang baik dikonsumsi adalah kacang utuh dan bukan kacang yang telah diproses. Kacang yang telah diproses atau mengandung perasa memiliki skor indeks glikemik yang tinggi.

2. Blueberry dan Blackberry

Blackberry dan blueberry tidak meningkatkan kadar gula darah seperti kebanyakan buah lainnya. Buah-buahan beri ini kaya serat dan memiliki konsentrasi antosianin tertinggi. Antosianin dikenal mampu memperlancar pencernaan.

Selain itu, antosianin juga dapat mencegah lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan yang kaya pati. Menariknya lagi, menurut jurnal dalam US National Library of Medicine - National Institutes of Health, menambahkan blueberry bioaktif (22,5 gram) ke smoothie dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam resistensi insulin.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan dengan indeks glikemik yang terbilang rendah. Oatmeal cocok dimanfaatkan untuk membantu menurunkan gula darah. Menariknya lagi, oatmeal mengandung B-glukan, yang memiliki manfaat, seperti:

  • Mengurangi respons glukosa dan insulin setelah makan.
  • Meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Membantu menjaga kontrol glikemik.
  • Mengurangi lemak darah (lemak).

Oatmeal juga memiliki efek menguntungkan untuk mengontrol glukosa darah pada pengidap diabetes tipe 2. Meski begitu, dokter merekomendasikan pengidap diabetes perlu membatasi konsumsi oatmeal karena secangkir oatmeal mengandung sekitar 28 gram karbohidrat.

4. Ikan Tuna

Cara menurunkan gula darah juga bisa melalui asupan ikan tuna. Makanan yang mengandung protein ini membantu tubuh mempertahankan dan memperbaiki dirinya. Protein tidak meningkatkan indeks glikemik, sehingga tidak ada peningkatan gula darah ketika mengonsumsinya.

Selain itu, protein juga meningkatkan rasa kenyang. Jadi, mengandalkan protein untuk merasa kenyang ketimbang roti, nasi, atau pasta bisa menjadi cara yang baik untuk mengelola gula darah.

Ikan tuna adalah sumber protein yang bagus. Rendah lemak tidak sehat dan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Beberapa jenis ikan yang juga direkomendasikan adalah ikan forel, ikan kembung, dan ikan salmon.

5. Kakao

Kakao adalah biji mirip kacang yang digunakan untuk membuat selai cokelat dan manisan seperti mentega cokelat. Sebelum diolah, kakao memiliki rasa pahit. Biji kakao kaya antioksidan dan mengandung flavanols yang disebut epicatechin, yang mengatur produksi glukosa. Kondisi ini dapat membantu menstabilkan gula darah, bahkan untuk pengidap diabetes.
 
 

 

Sumber: Halodoc
Referensi:
Medical News Today. Which foods lower blood sugar?
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Bioactives in Blueberries Improve Insulin Sensitivity in Obese, Insulin-Resistant Men and Women.
World Health Organization. Diabetes

Tags: ,

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *