fbpx
Saat Kita Sedih atau Gembira, Hormon Memainkan Peranannya

Saat Kita Sedih atau Gembira, Hormon Memainkan Peranannya

Saat sedih, gembira atau jatuh cinta - hormon memainkan peranannya. Hormon mengatur perasaan dan fungsi tubuh. Setiap hormon penting bagi kita agar semua berfungsi lancar.


Memicu Pertumbuhan


Hormon somatotropin memicu pertumbuhan anak menjadi dewasa. Hormon ini memicu tubuh memproduksi protein dan lemak lebih banyak dan mempercepat pertumbuhan tulang. Jika hormon yang diproduksi di hypophyse di kawasan otak ini dipacu berlebihan, anak bisa tumbuh abnormal menjadi super bongsor.

Melayang ke Langit

Jatuh cinta berjuta rasanya. Tubuh terasa bergairah dan tekanan darah meningkat. Saat jatuh cinta, produksi hormon endorfin dipacu. Itulah yang membuat kita bahagia. Tapi hormon itu juga yang diproduksi saat tubuh mengalami situasi darurat. Misalnya korban luka berat akibat kecelakaan sering untuk sementara waktu tidak merasakan sakit.

Khas Lelaki

Hormon seksual testosteron memainkan peranan hingga lelaki bisa tumbuh kumis dan jenggot. Hormon seksual juga berperan dalam pembentukan ciri khas jenis kelamin. Testosteron misalnya memicu perkembangan penis. Sementara hormon estrogen memicu pembentukan payudara dan rahim. Lebih dari itu, hormon seksual juga punya fungsi lain, yakni memicu gairah seksual dan kesuburan.

Meregulasi Metabolisme Gula

Hormon insulin bertanggung jawab meregulasi metabolisme gula, dengan merangsang sel otot menyerapnya dari darah. Dengan itu kadar glukosa dalam darah turun. Penderita diabetes tidak mampu memproduksi cukup insulin, hingga kadar gula dalam darah tetap tinggi dan bisa memicu bahaya. Untuk membantu regulasi, insulin harus disuntikkan dari luar.

Mengatur Jam Tubuh

Melatonin mengatur ritme siang dan malam tubuh. Hormon diproduksi saat hari gelap, memicu rasa mengantuk dan menyiapkan tubuh untuk tidur. Cahaya memblokir produksi melatonin. Lembaga pengawas makanan dan obat-obatan Eropa 2010 lalu mengizinkan melatonin sebagai produk suplemen untuk mengurangi gejala jetlag. Tapi para ilmuwan meragukan khasiat suplemen mengurangi jetlag.

Mencegah Stres

Kortisol merupakan hormon penting pencegah stres yang biasanya diproduksi tubuh di malam hari. Hormon ini berfungsi pada metabolisme, kondisi psikis dan sistem kekebalan tubuh. Kortisol juga berkhasiat memblokir peradangan dan gejala alergi. Tapi jika digunakan dalam jangka panjang bisa muncul efek negatif bagi tubuh.

Tubuh Dalam Situasi Siaga

Adrenalin diproduksi jika tubuh menghadapi rasa takut atau situasi darurat. Hormon ini dengan cepat mengurai cadangan energi yang dibutuhkan untuk kabur saat bahaya atau bertempur melawan musuh. Tapi kini banyak orang mencari "tendangan Adrenalin" dengan melakukan olahraga ekstrim, seperti Bungee-Jumping atau Freefall. Hormon memicu naiknya tekanan darah dan frekuensi detak jantung.

Deutsche Welle