Jangan Lakukan Ini Jika Dikau Ingin Bahagia

Jangan Lakukan Ini Jika Dikau Ingin Bahagia

Orang punya hak dan kemampuan untuk mengubah situasi supaya merasa bahagia. Jadi apa saja yang bisa diubah? Simak poin-poin berikut ini yang jangan dilakukan.



Selalu Beranggapan, Hidup Sangat Berat


Orang tidak bahagia selalu melihat diri sebagai "korban" hidup yang berat. Mereka juga ingin semua orang mengasihani dan menghibur mereka. Orang bahagia tahu, hidup kadang berat, tapi bertendensi hadapi kesulitan dengan memandangnya sebagai tantangan untuk sukses. Mereka bertanggungjawab jika terjerumus dalam kesusahan dan berusaha keluar secepat mungkin.

Fokus Pada Hal Buruk, Bukan Hal yang Baik

Dunia memang tidak sempurna. Tapi orang tidak bahagia hanya memperhatikan segala sesuatu yang buruk, dan menutup mata terhadap hal-hal yang baik. Mereka selalu mengeluh. Sementara orang bahagia sadar akan isu-isu global, tapi bisa mengimbangi hal-hal negatif dengan yang positif. Mungkin hari ini hujan, tapi matahari kadang juga bersinar.

Membandingkan dengan Orang Lain dan Iri

Orang yang tidak bahagia percaya, keberuntungan orang lain menyebabkan mereka tidak beruntung. Mereka selalu membandingan diri dan kesuksesan mereka dengan orang lain. Ini memicu rasa iri dan tidak senang. Bagi orang bahagia, keberuntungan orang lain memberikan inspirasi tentang apa yang juga bisa mereka peroleh.

Menganggap Orang Lain Tak Bisa Dipercaya

Orang yang tidak bahagia tidak percaya siapapun. Mereka juga beranggapan orang yang tak dikenal tidak bisa dipercaya sama sekali. Orang yang bahagia percaya setiap orang punya sisi positif, dan tidak beranggapan orang lain pasti bermaksud buruk terhadap mereka. Orang bahagia juga bersikap ramah terhadap semua orang yang mereka temui, dan menerima semua orang dengan hati terbuka.

Pandang Masa Depan dengan Rasa Takut

Orang yang tidak bahagia mengisi pikiran dengan apa yang mungkin akan gagal, bukan apa yang mungkin akan sukses. Orang bahagia membiarkan diri sedikit berilusi, dan membiarkan diri melamunkan sukses apa yang mereka ingin peroleh dalam hidup. Orang tidak bahagia memenuhi tempat di otak mereka dengan kekuatiran dan rasa takut.

Berusaha Mengontrol Semua Hal Sepenuhnya

Ada perbedaan antara mengontrol dan berusaha sebaik mungkin mencapai cita-cita. Orang yang bahagia mengambil langkah konkret setiap hari untuk mencapai tujuan mereka, tapi sadar bahwa mereka tidak mungkin mengatur kesulitan yang akan mereka hadapi. Orang tidak bahagia berusaha mengatur hidup sepenuhnya sampai ke hal-hal paling kecil.

Mengisi Obrolan dengan Keluhan dan Gosip

Orang yang tidak bahagia hidup di masa lalu. Kesulitan jadi topik utama percakapan. Jika tidak ada bahan lagi, mereka akan bergosip. Orang bahagia hidup di masa kini dan bermimpi tentang masa depan. Mereka bersemangat bicarakan kesibukan saat ini, berterimakasih untuk apa yang dimiliki dan bermimpi akan masa depan yang cerah.

 


DW

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *