Ragam Tanaman Obat Penyelamat Manusia di Dunia, Sumber Industri Farmasi

Ragam Tanaman Obat Penyelamat Manusia di Dunia, Sumber Industri Farmasi

Tanaman obat sudah dimanfaatkan manusia sejak ribuan tahun. Di era pengobatan modern, tanaman masih memainkan peran penting. Namun, kini 4000 tanaman obat terancam punah.


Joao Calixto, profesor farmakologi Pusat Inovasi dan Pengujian Preklinis (CIEnP) di Brasil mengatakan bahwa tanaman obat dan jamur memainkan peranan yang sangat penting bagi farmakologi modern.

“Jika kita melihat sejarah perkembangan pengobatan modern, hampir seluruhnya didasarkan pada studi tanaman obat dan mikroorganisme - terutama untuk membuat agen antiinfeksi,” ujar Calixto.

Beberapa obat penghilang rasa sakit yang paling banyak digunakan, seperti morfin dan kodein, berasal dari bunga poppy. Sementara paclitaxel (taxol) adalah obat kemoterapi yang umum digunakan yang berasal dari kulit pohon yew pasifik (Taxus brevifolia).

Penisilin, salah satu antibiotika pertama, berasal dari jamur. Obat penurun kolesterol juga didasarkan pada khasiat yang ditemukan pada jamur.

Keanekaragaman hayati tidak dapat dipungkiri merupakan sumber daya penting bagi industri farmasi global yang bernilai sekitar 1,1 triliun dolar AS (lebih dari Rp 16 kuadriliun). 


Menurut Serikat Perlindungan Alam se-dunia, kini sekitar 4000 dari 70.000 tanaman obat terancam punah akibat perusakan hutan dan lingkungan hidup. 

 
Ini beberapa contoh tanaman obat:


Penguat Kekebalan Tubuh

Pengobatan tradisional Cina mengenal akar ginseng sejak lebih dari 2000 tahun. Di Eropa boom ginseng baru dimulai abad 20. Ginseng berasal dari Asia Timur mayoritas diimpor dari Korea. Tumbuhan ini memperkuat kekebalan tubuh, mengatasi rasa lelah, stres dan influenza.


Jaga Lambung dan Usus

Kamomil berasal dari Eropa. Kuntum dan minyak eteriknya bisa mengobati keluhan lambung dan usus, serta infeksi pada kulit. Teh kamomil mempunyai efek menenangkan.


Penyelamat Hati

Dandelion tumbuh di daerah beriklim sedang di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Akar tanaman Dandelion diyakini memiliki efek pencahar ringan dan sering digunakan untuk memperbaiki pencernaan. Dalam pengobatan tradisional, akar dan daun Dandelion digunakan untuk mengobati masalah hati.


Cantik dan Menenangkan

Bunga markisa (passifloraceae), salah satu suku anggota tumbuhan berbunga, bermanfaat bagi pengobatan. Khasiatnya untuk mengatasi ketegangan, depresi ringan, gangguan tidur dan menopause.


Enak dan Sehat

Artichoke sudah dimakan sejak jaman Mesir kuno dan menyebar ke Eropa melalui orang Yunani dan Romawi. Sayur ini membantu mengatasi keluhan pada lambung. Ini karena kelopaknya mengandung flavonoid dan rasa pahit yang digunakan sebagai ekstrak kering atau jus sayur.


Lindungi Kandung Kemih dan Ginjal

Bagian atas dan pinggir daun nettle ditumbuhi bulu-bulu halus yang hanya nampak bila dilihat dari jarak sangat dekat. Bila bulu-bulu ini tersentuh dapat menimbulkan rasa gatal, perih dan panas yang cukup menyengat. Tapi tanaman ini bermanfaat untuk mengobati penyakit kandung kemih, rematik, dan batu ginjal.
 

Luisa Frey - DW

Tags: ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *