fbpx
Kelainan Otak yang Terjadi Ketika Orang Jatuh Cinta

Kelainan Otak yang Terjadi Ketika Dikau Jatuh Cinta

Apa kesamaan antara orang yang jatuh cinta dan yang sakit jiwa? Menurut peneliti, kesamaan ada pada keadaan otak. Itu bukan lelucon, melainkan berlandaskan pada ilmu pengetahuan.


Jantung berdebar-debar, tangan berkeringat, dan dalam perut rasanya seperti ada yang merayap. Itu tandanya orang jatuh cinta. Dilihat dari segi ilmu pengetahuan, hormon dalam tubuh menyebabkan keadaan darurat mental ini. Tapi hormon yang mana yang menyebabkan perasaan ini?

"Tendangan" Adrenalin

Jantung berdebar-debar dan tangan lembab. Penyebabnya hormon bernama Adrenalin. Di awal fase jatuh cinta, kadar hormon ini sangat tinggi. Adrenalin menyebabkan rasa lapar berkurang, dan menempatkan tubuh secara umum dalam situasi darurat.

Seperti Gila

Serotonin adalah hormon yang bertanggung jawab bagi suasana hati yang senang dan emosi yang stabil. Pada orang yang sedang jatuh cinta, kadar Serotonin sangat rendah, sehingga hampir seperti orang yang tidak bisa mengendalikan tindakannya lagi. Oleh sebab itu, orang yang jatuh cinta tidak bisa memikirkan apapun kecuali partnernya.

Dorongan Seksual

Agar orang bisa jatuh cinta, harus ada dorongan seksual yang lebih besar. Hormon Testosteron bertanggungjawab untuk itu. Baik pada pria maupun pada wanita yang sedang mencari partner, dapat ditemukan jumlah Testosteron yang lebih tinggi dari biasanya.

Kecanduan

Dalam fase tertinggi ketika orang jatuh cinta, Dopamin mulai berperan. Inilah hormon yang disebut "hormon kebahagiaan". Hormon ini antara lain juga diaktifkan oleh Kokain dan Nikotin. Ini jadi penjelasan, mengapa orang yang jatuh cinta tidak bisa lepas satu sama lain. Mereka saling kecanduan.

Setia Selamanya

Setelah tiga sampai lima bulan, fase terparah situasi jatuh cinta biasanya berakhir. Setelah itu hormon Oksitocin mainkan peranan penting. Hormon ini diproduksi dalam tubuh, misalnya ketika seorang ibu menyusui anaknya. Itu membantu perkuat keterikatan antar keduanya. Ketika orang jatuh cinta, kadar Oksitocin meningkat antara lain saat berciuman. Itu mendorong terbentuknya hubungan jangka panjang.

Aku Mencium Apa Yang Tak Kau Cium

Tapi mengapa orang jatuh cinta pada orang lain? Peneliti berpendapat, yang memegang peranan penting adalah bau tubuh. Manusia paling cepat jatuh cinta pada orang yang berbau tubuh sama seperti orang tua.

 

 

 

dw/zid

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *