fbpx
Menjadi Seorang Ahli dengan Memanfaatkan Tiga Kunci Penguasaan

Dikau Menjadi Seorang Ahli dengan Memanfaatkan Tiga Kunci Penguasaan

Ingin menjadi ahli dalam sesuatu? Berikut ini Marty Nemko, Ph.D pelatih karir yang berbasis di Oakland, California, AS, merekomendasikan memanfaatkan tiga sarana menuju penguasaan.



Sebuah kasus dapat dibuat untuk seni liberal, misalnya, yang mendorong penikmat kehidupan dan peningkatan kewarganegaraan. Plus, pendidikan seni liberal dapat mencurahkan lebih banyak perhatian untuk mengembangkan pemikiran kritis daripada pendidikan karir. Tapi di sini, kita berbicara tentang pendidikan sebagai alat untuk mengembangkan penguasaan karir.

Dengan tujuan itu, pertimbangkan hal berikut:

Saat memilih perguruan tinggi/universitas, program, atau profesor individu, jadikan kepraktisan karir sebagai persyaratan inti. Universitas, terutama yang lebih bergengsi, cenderung memprioritaskan teori daripada praktik, dan profesor mereka mungkin kurang bernuansa master praktisi. Sangat mengejutkan, Anda mungkin lebih mungkin untuk menjadi master dalam karir Anda dengan memilih universitas yang kurang agung, di mana lebih banyak kursus Anda cenderung praktis dan diajarkan oleh seorang praktisi master.

Di universitas mana pun, baca dengan cermat deskripsi jurusan atau program yang Anda pertimbangkan. Sejauh mana deskripsi menekankan teori versus praktik? Saat Anda melihat biografi instruktur inti dan pengawas praktikum, berapa banyak yang tampaknya adalah praktisi master?

Dalam setiap kursus, pikirkan, waktu demi waktu, bagaimana materi dapat diterapkan untuk menjadi ahli dalam karier Anda. Misalnya, jika Anda sedang diajarkan atau sedang membaca konsep statistik dan tujuan karir Anda adalah menjadi seorang psikoterapis, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri bagaimana teknik itu dapat digunakan untuk menguji modalitas psikoterapi.

Jika Anda diberi makalah atau proyek, dapatkah Anda mengadaptasinya, jadi ini adalah langkah menuju Anda menjadi ahli dalam karier Anda? Jika tidak, pertimbangkan untuk bertanya kepada profesor apakah Anda dapat melakukan topik yang berbeda.

Dalam praktik Anda—kerja lapangan, magang, proyek batu penjuru—cobalah untuk memastikan bahwa mereka dan supervisor Anda kemungkinan besar akan membantu pencarian Anda untuk penguasaan. Untuk itu, Anda sering dihadapkan pada pilihan antara mengerjakan tesis atau proyek batu penjuru. Kecuali Anda berencana untuk menjadi seorang akademisi, pilih proyeknya.

Pembelajaran di luar sekolah

Benar, istilah “be a lifelong learner” telah menjadi klise, tetapi itu valid. Isi ruang kecil hidup Anda dengan sedikit pembelajaran praktis: Baca artikel yang Anda temukan menggunakan pencarian Google, tonton YouTube, ajukan pertanyaan kepada master, tanyakan apakah Anda dapat menonton master di tempat kerja, minta master untuk menonton Anda bekerja, ambil kelas online singkat yang diajarkan oleh seorang praktisi master. Tentu saja, pilih kelas yang berperingkat tinggi tetapi lihat komentar siswa untuk menemukan kelas yang peringkat tinggi didasarkan pada utilitas praktis lebih dari nilai hiburan.

Ajukan pertanyaan kepada instruktur—Itu adalah pendidikan yang dipersonalisasi.

Bagaimanapun Anda melakukan pembelajaran Anda, fokuslah pada pembelajaran tepat waktu: apa yang Anda ingin tahu atau perlu ketahui sekarang: Anda akan lebih termotivasi untuk mempelajarinya dan mengingatnya. Keuntungan lain dari pembelajaran just-in-time adalah bahwa itu adalah bagian yang dapat dicerna daripada massa yang dapat dilupakan.

Dalam mencari pekerjaan, utamakan bekerja dengan dan diawasi oleh praktisi master, terutama yang memiliki kegemaran mentoring. Bagaimana menentukan itu? Adalah tepat dalam wawancara kerja untuk mengajukan pertanyaan kepada calon bos seperti, “Setiap bos berbeda. Bagaimana rasanya jika saya bekerja untuk Anda?” Jika orang tersebut berorientasi pada pendampingan, kemungkinan besar dia akan mengatakannya. Mengajukan pertanyaan secara langsung— “Maukah Anda membimbing saya?” mendorong "ya" bahkan jika itu tidak mungkin.

Penguasaan membutuhkan latihan

Meskipun mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang baik, menjadi seorang ahli, hampir secara definisi, membutuhkan waktu untuk berlatih. Waktu untuk penguasaan dapat dipercepat dengan mencari umpan balik. Mintalah orang-orang yang dihormati—bos, rekan kerja, pelanggan/klien—untuk umpan balik yang jujur.

Kata-kata permintaan Anda dengan baik dapat membuat Anda mengagumkan daripada tampak tidak aman. Misalnya, Anda dapat mengatakan sesuatu seperti ini kepada atasan Anda: “Seperti kita semua, saya mencoba menjadi lebih baik dalam apa yang saya lakukan. Selain tinjauan kinerja semi-tahunan kami, yang sedang berlangsung, apakah Anda akan menawarkan saya saran?” Tentu saja, orang yang menawarkan saran hanyalah consiglieri; Anda Don: Pertimbangkan masukan mereka tetapi terima dan adopsi hanya apa yang Anda yakini bijaksana.

Kiat-kiat ini akan membantu Anda menjadi ahli. Dan menjadi ahli adalah dasar yang sah untuk kepercayaan diri dan harga diri yang tinggi.

 

  

psychologytoday

Tags: ,

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *