fbpx
Doyan Makanan Pedas? Bagus, Bikin Jantung Sehat dan Melawan Virus

Doyan Makanan Pedas? Bagus, Bikin Jantung Sehat

Hobi makan pedas? Riset membuktikan bahan makanan pedas cabai dan rempah-rempah memberi sejumlah manfaat kesehatan, di antaranya: 

 

Melansir dari Insider dan Deutsche Welle, berikut ini manfaat mengonsumsi makanan pedas.


Membuat Jantung Sehat

Capsaisin bahan aktif yang ditemukan dalam jalapeños, cabai rawit dan cabai merah menurunkan kolesterol jahat, dan berdampak positif meningkatkan fungsi jantung. Menurut penelitian yang dipresentasikan dalam American Chemical Society, capsaisin juga melancarkan aliran darah dalam pembuluh.
 
Meningkatkan metabolisme

Ahli diet terdaftar dan pendiri Real Nutrition Amy Shapiro mengatakan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan detak jantung dan menghasilkan panas dalam tubuh. Hal ini menyebabkan seseorang dapat membakar lebih banyak kalori.

Senyawa capsaicin dalam cabai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan metabolisme. Tinjauan 2012 terhadap 20 studi menemukan bahwa capsaicin dapat membantu tubuh membakar sekitar 50 kalori ekstra sehari sehingga dapat menurunkan berat badan selama satu atau dua tahun.

Selain itu, capsaicin dapat bertindak sebagai penekan nafsu makan, membuat Anda merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Mengurangi peradangan di usus

Banyak orang berpikir bahwa makanan pedas menyebabkan sakit perut, tetapi penelitian menunjukkan capsaicin sebenarnya dapat meningkatkan aliran darah ke saluran gastrointestinal dan melindungi pembentukan bisul.

“Makanan pedas juga dapat bertindak sebagai antioksidan, mengurangi peradangan dan membantu proses pencernaan dengan melawan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi,” kata Ashlee Wright, ahli diet terdaftar di Orlando Health.

Mengurangi rasa sakit

Shapiro menjelaskan bahwa bentuk capsaicin topikal membantu memblokir pesan ke saraf, sehingga membantu seseorang mengurangi sensasi rasa sakit.

“Ini juga dapat menghilangkan rasa sakit akibat kerusakan saraf, atau kondisi kulit lainnya,” tambahnya.

Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, makanan pedas dapat memperburuk beberapa masalah kesehatan, seperti mulas. Jika tidak terbiasa makan makanan pedas, mulailah dengan makan sedikit saja.
 
Tambahan Nilai Gizi

Membubuhkan cabai segar dalam makanan membantu konsumen mencapai asupan harian vitamin dan mineral yang cukup. Menurut USDA National Nutrient Database, paprika hijau dan merah memiliki berbagai mineral penting dan tingkat vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat mengurangi risiko flu dan dapat membantu mencegah kanker serta penyakit jantung.

Melawan Kanker

Selain membantu memicu produksi keringat, beberapa rempah-rempah mengandung antioksidan pelawan kanker yang dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel tumor. Beberapa bahan makanan pedas memiliki potensi anti-kanker. Riset American Cancer Society menunjukkan bahwa capsaisin dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Mengatasi Flu

Unsur aktif capsaisin dalam cabai bisa membantu melancarkan jalan pernafasan, membuat lega hidung tersumbat, mencegah sinusitis dan gejala flu lainnya yang mengganggu.


Mengurangi Berat Badan

Rasa panas yang ‘nendang’ dalam cabai berasal dari kandungan capsaisin. Menurut "The New York Times", makan hidangan pedas dapat meningkatkan metabolisme hingga 8 persen dan membakar kalori. Tapi hati-hati jangan malah jadi kebanyakan makan, karena selera makan bertambah akibat sengatan sambal.

 

 
DW/Zid

© 2018 Zid World All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *