Mari Menyusuri Jagad Raya: Ribuan Triliun Planet Memenuhi Alam Semesta

Mari Menyusuri Jagad Raya: Ribuan Triliun Planet Memenuhi Alam Semesta

Ada sekitar dua triliun galaksi dengan ribuan triliun planet memenuhi alam semesta. Temuan itu berdasarkan model tiga dimensi dari citra langit yang dibuat Teleskop Antariksa Hubble selama 20 tahun terakhir, tulis ilmuwan di jurnal ilmiah, Astronomical Journal.


Selama ini ilmuwan berusaha mencari tahu jumlah galaksi yang ada di alam semesta, setidaknya sejak 1924 ketika Astronom AS Edwin Hubble menemukan bahwa Andromeda merupakan galaksi tetangga dan bukan bagian dari galaksi Bima Sakti. 

 
Tapi bahkan di era astronomi modern sekalipun, pertanyaan tersebut tidak mudah buat dijawab.

Pasalnya partikel cahaya yang dipancarkan setiap benda langit membutuhkan waktu lama untuk mencapai planet Bumi. Cahaya sejumlah obyek bahkan membutuhkan waktu lebih lama dari usia alam semesta, sehingga saat ini keberadaannya masih tak kasat mata.

Bahkan dalam "semesta yang terlihat" saja, teknologi manusia yang ada cuma mampu menangkap 10 persen dari semua obyek di alam semesta. "Sangat mengganggu pikiran saya bahwa 90% dari semua galaksi di jagad raya masih belum bisa diteliti," tutur Christopher Conselice, pemimpin tim peneliti dari University of Nottingham.
 
Mari Menyusuri Jagad Raya
 
 
DWnesia, Zid

Bagikan Via WhatsApp, Twitter, Facebook

 

© 2018 ZAMANe.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper *